Kisah Orang Terkaya: Richard Liu, Pendiri JD.com yang Dijuluki Jeff Bezos dari China

Kisah Orang Terkaya: Richard Liu, Pendiri JD.com yang Dijuluki Jeff Bezos dari China Kredit Foto: REUTERS/Shannon Stapleton

Salah satu orang terkaya di China, Richard Liu Qiangdong terkenal sebagai pendiri JD.com. Liu dijuluki "Jeff Bezos dari China" dan perusahaannya JD.com telah dibandingkan dengan Amazon karena model bisnisnya. Liu mendirikan Jingdong sebagai toko ritel tunggal bisnis-ke-konsumen untuk produk magneto-optik pada bulan Juni 1998 dan kemudian memindahkan perusahaan tersebut ke situs web e-niaga yang dikenal sebagai JD.com pada tahun 2004.

Liu adalah kepala eksekutif perusahaan dan telah memperluas produk e-niaga nya mulai dari penjualan elektronik konsumen hingga barang yang kurang terspesialisasi, yang menjadikan JD.com sebagai salah satu pengecer terbesar di China.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Zong Qinghou, Pengusaha China Berharta Rp125 T yang Hobi Pakai Baju Murah

Menurut Forbes, kekayaan bersih Liu adalah USD20,7 miliar (Rp301 triliun) per 31 Maret 2021 dengan 15,8% saham di JD.com.

Meski memiliki perusahaan teknologi, pasanya Liu merupakan lulusan sosiologi di Universitas Renmin China. Hal ini karena Liu telah lama tertarik dengan politik. Namun, Liu menghabiskan semua kemampuannya untuk meluangkan waktu belajar pemrograman komputer.

Dia lulus dengan gelar sarjana di bidang sosiologi pada tahun 1996, dan kemudian memperoleh EMBA dari Sekolah Bisnis Internasional China Eropa.

Sebagai seorang mahasiswa, Liu menginvestasikan penghasilannya yang diperoleh dari pekerjaan pemrograman dan pinjaman keluarga ke dalam usaha restoran. Bisnis itu gagal dalam beberapa bulan, ia pun kehilangan lebih dari USD200.000 yang membuat Liu berhutang.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini