Personalized Learning Experience, Cara BRI Kembangkan Kompetensi Pekerjanya

Personalized Learning Experience, Cara BRI Kembangkan Kompetensi Pekerjanya Kredit Foto: BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui BRI Corporate University (BRI Corpu) menjadi pembicara di Forum Corporate Learning Improvement Process (CLIP) Steering Commite Meeting yang diselenggarakan pada 25 Maret 2021 secara virtual.

CLIP merupakan akreditasi internasional yang dibentuk oleh European Foundation for Management Development (EFMD) dan bertujuan untuk menilai kualitas sebuah corporate university. Sebelumnya, pada November 2020, BRI Corpu berhasil menjadi perusahaan pertama di dunia yang mendapatkan akreditasi CLIP secara online.

Baca Juga: Beri Makna Indonesia, BRI Beri Beasiswa Penuh Mahasiswa Berprestasi

Selain BRI, forum tersebut juga dihadiri anggota CLIP Steering Committee yang berasal dari berbagai perusahaan dan lembaga pendidikan lain seperti Sberbank, Santander, IMD, Faurecia, AIA Group, Bank Indonesia, dan Pertamina. Dalam forum tersebut, BRI Corpu menyampaikan roadmap hingga 3 tahun ke depan.

Di tahun 2021, BRI Corpu akan berfokus pada "Personalized Learning Experience", yaitu menyediakan konten pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan dan aspirasi karier setiap pekerja. Dengan Learning Management System (LMS) BRIsmart, BRI Corpu menyediakan dashboard khusus yang menggambarkan kompetensi pekerja dan kebutuhan pendidikan masing-masing pekerja.

Di tahun berikutnya, BRI Corpu berencana untuk melakukan up-skilling dan re-skilling para pekerja dengan kompetensi digital yang dibutuhkan di masa depan. Hal ini dipicu oleh penelitian McKinsey, "Automation & The Future of Work" yang menyatakan sebanyak 23 juta pekerjaan akan tergantikan oleh mesin di tahun 2030 dan di saat yang sama akan ada 46 juta pekerjaan baru yang muncul.

Lalu di tahun 2023, untuk memperbaiki pengalaman pembelajaran, program pembelajaran dan kinerja pembelajaran, BRI Corpu akan mengembangkan learning analytics yang dapat mengolah data dengan lebih baik sehingga mampu memprediksi kebutuhan pendidikan setiap pekerja dengan lebih akurat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini