Menristek: 2045 Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Menristek: 2045 Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Tinggi Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa pemerintah mempunyai ambisi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pendapatan tinggi atau dikategorikan sebagai negara maju.

Hal ini ia sampaikan saat memberikan keynote speec dalam Indonesia Digital Innovation Awards 2021: Digital Globalization Toward Better and Prosper Society yang digelar Warta Ekonomi secara daring.

Baca Juga: Dorong Promosi Penggunaan GeNose C19, Kemenristek Serahkan Satu Unit GeNose Ke MUI

"Kita punya ambisi yang sebenarnya penting. Visi 2045 dimana kita ingin 2045 Indonesia sudah keluar dari negara kelas menengah, menjadi negara yang pendapatannya tinggi," katanya, Rabu (31/3/2021).

Bambang mengakui, masih banyak hal yang perlu dikerjakan sebelum mencapai ke masa itu. Ia memaparkan berdasarkan indeks inovasi global, Indonesia sendiri berada di peringkat 85 dari 165 negara.

"Ada 3 faktor yang membuat Indonesia ketinggalan dalam inovasi," lanjut Bambang.

Ketiga faktor tersebut yakni institusi, sumber daya manusia, dan kepuasan berbisnis.

"Ketika kita mengalami pandemi, kita mengalami percepatan transformasi digital. Pandemi memaksa kita untuk mempercepat, dan itu hikmah yang tidak bisa kita sia-siakan. Justru kita harus mengedepankan less contact economy," ujarnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini