Kemenkes: Peran Keluarga Penting Untuk Percepat Vaksinasi Lansia

Kemenkes: Peran Keluarga Penting Untuk Percepat Vaksinasi Lansia Kredit Foto: Antara/Prasetia Fauzani

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa penting untuk memaksimalkan peran keluarga dalam proses vaksinasi lansia.

"Anak-anak dari lansia ini perlu kita sosialisasikan dengan baik. Ini perlu kerja sama dari kita semua terutama mensosialisasikan sisi keamanan dari vaksinasi dan memang orang tua harus kita lindungi dari COVID-19," katanya dalam diskusi daring yang disiarkan di saluran YouTube FMB9ID_IKP, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: PMS Gelar Donar Darah, Catat! Orang Sembuh Dari Covid-19 Jangan di Kucilkan

Maxi juga mencontohkan beberapa daerah yang sukses bergotong royong memobilisasi lansia.

“Di DKI Jakarta, Camat dan Lurah betul-betul terlibat dalam memobilisasi vaksinasi lansia, itu hal yang baik yang bisa dicontoh daerah-daerah lain,” tuturnya.

Maxi menambahkan bahwa penting untuk masyarakat sadar bahwa mereka memiliki anggota keluarga lansia yang perlu divaksin, mengingat lansia termasuk rentan terinfeksi Covid-19.

“Yang paling penting saat ini adalah menumbuhkan kesadaran, terutama kepada masyarakat, bagi mereka yang memiliki orang tua, kakek, dan nenek utamanya harus memahami pentingnya vaksinasi ini untuk melindungi mereka," pungkasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini