Mengandung Darah Manusia, Nike Gugat Sepatu Setan yang Dibandrol Harga Rp14 Juta

Mengandung Darah Manusia, Nike Gugat Sepatu Setan yang Dibandrol Harga Rp14 Juta Kredit Foto: Istimewa

Nike menggugat MSCHF Product Studio Inc, produsen 'sepatu setan' hasil kolaborasi dengan penyanyi rap (rapper) Lil Nas X. Sepatu ini menuai kontroversi karena mengandung darah manusia dan menampilkan simbol-simbol satanisme.

MSCHF bersama Lil Nas X telah merilis Satan Shoes atau 'sepatu setan' sebanyak 666 pasang. Dari tampak visual, sepatu tersebut seperti hasil modifikasi Nike Air Max 97 lengkap dengan lambang khas Nike dengan aksen pentragram perunggu.

Baca Juga: Habis Nike dan Adidas, China Peringatkan Banyak Bisnis Agar Hati-hati Soal Xinjiang

Hal yang menjadi kontroversi, sepatu yang didominasi warna hitam dan merah tersebut mengandung setetes darah manusia di bagian tengah sol yang berwarna merah. Diperkirakan terdapat 2,03 ons tinta merah bercampur dengan setetes darah manusia asli. Diketahui, MSCHF mengumpulkan darah tersebut selama seminggu dari tim kreatifnya.

Selain itu, sepatu ini juga menampilkan gambar pentagram perunggu, serta salib terbalik yang jadi perlambang setan. Pentagram sendiri identik dengan dunia sihir. Bintang berujung lima ini juga sering dikaitkan dengan gerakan illuminati.

Sepatu itu dipasarkan bersamaan dengan rilis lagu terbaru Lil Nas X dengan Montero berjudul Call Me By Your Name yang juga mengundang kontroversi.

Sepasang sepatu "Satanic" dijual seharga USD1.018 atau Rp14,7 juta.Nike pun menggugat MSCHF atas pemasaran sepatu tersebut karena menggunakan lambang dan model yang serupa dengan sepatu hasil produksi perusahaan. Dalam gugatannya, Nike meminta MSCHF untuk menyetop penjualan sepatu setan permanen. Sebab, ada penurunan kepercayaan dari konsumen terhadap Nike setelah beredarnya sepatu yang dianggap mendukung aliran satanisme.

"MSCHF dan sepatu setannya yang tidak resmi kemungkinan besar akan menyebabkan kebingungan dan menciptakan hubungan yang salah antara produk MSCHF dengan Nike. Kami tidak memiliki hubungan dengan Lil Nas X atau MSCHF. Nike tidak merancang atau melepaskan sepatu ini (ke pasar) dan kami tidak mendukungnya,"ungkap manajemen Nike seperti dilansir dari nytimes.com.

Sebagai respon dari penolakan karya sepatunya, Lil Nas X mengupload video ke akun YouTube resminya berjudul "Lil Nas X Apologize for Satan Shoes". Permintaan maafnya juga terdapat dalam video musik barunya Montero (Call Me By Your Name).

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini