Langkah Ambil Demokrat Disekakmat, Belajarlah Moeldoko pada Pendiri Partai Ummat!

Langkah Ambil Demokrat Disekakmat, Belajarlah Moeldoko pada Pendiri Partai Ummat! Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko disarankan untuk meniru Amien Rais yang berani membuat partai baru, yakni Partai Ummat, setelah keluar dari PAN.

Diketahui, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah memutuskan menolak untuk mengesahkan kepengurusan Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara yang menetapkan Moeldoko sebagai ketua umumnya.

Baca Juga: Dikalahkan AHY, Moeldoko Bertitah: Mengimbau Seluruh Kader Partai Demokrat...

"Bagusnya buat partai baru. Atau Moeldoko Cs menyebar masuk partai-partai lain selain Demokrat," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin kepada SINDOnews, Kamis (1/4/2021).

Ujang mengatakan, bagi Amien Rais membuat partai baru yang bernama Partai Ummat yang tak terlalu sulit. Karena, Amien Rais punya pengalaman mendirikan Partai Amanat Nasional (PAN). Kemudian, kata dia, Amien Rais punya basis massa dukungan dari akar rumput kalangan Muhammadiyah. "Kita tahu Amien Rais pernah jadi Ketua Umum Muhammadiyah," tutur Ujang.

Sebaliknya, membuat partai baru bagi Moeldoko itu akan sulit. "Tak punya basis massa. Jika berdiri pun nantinya belum tentu bisa ikut pemilu. Karena sulitnya mendirikan partai baru bagi Moeldoko Cs, mereka mencaplok dan mengkudeta Partai Demokrat," imbuhnya.

Namun, kata dia, saat ini membuat partai politik baru dinilai pilihan terbaik bagi Moeldoko. "Ketika Partai Demokrat tak bersahabat lagi dengan Moeldoko Cs dan ketika partai-partai lain pun belum tentu menerima mereka, jalan terbaik membuat partai baru. Agar secara politik teruji dan tahu sulitnya membuat dan mendirikan partai baru," pungkasnya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini