PLN Grup Kembangkan Bisnis di Kuwait, Raih Kontrak 25,3 Juta Dolar

PLN Grup Kembangkan Bisnis di Kuwait, Raih Kontrak 25,3 Juta Dolar Kredit Foto: PLN

PLN berhasil melakukan ekspansi bisnis pengelolaan kelistrikan di luar negeri. Melalui entitas usahanya, PT Cogindo Daya Bersama (Cogindo) menandatangani kontrak operasi dan pemeliharaan jaringan distribusi ketenagalistrikan di Kementerian Listrik dan Air Kuwait senilai US$ 25,3 juta.

Penandatanganan diwakili oleh NAPCO sebagai perusahaan lokal dan juga mitra Cogindo dalam proyek di Negeri Teluk tersebut dan disaksikan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Kuwait, Tri Tharyat, Kamis, 1 April 2021.

Baca Juga: PLN Jabar Bakal Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Tri Tharyat mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan bagian dari perintah Presiden RI dan MoU BUMN Go Global antara Kementerian Luar Negeri dan Kementerian BUMN untuk meningkatkan outbound investment Indonesia di luar negeri. Keberhasilan Cogindo diharapkan membuka pintu investasi BUMN dan perusahaan indonesia sekaligus mendukung peningkatan tenaga kerja terampil dan ahli Indonesia di Kuwait.

“Indonesia boleh berbangga atas capaian ini, karena telah mampu menunjukan daya saing dan mendapat kepercayaan dari Kuwait. Saya berharap proyek berjalan dengan baik yang akan menjadi catatan positif bagi Pemerintah Kuwait atas kinerja perusahaan RI," kata Tri Tharyat dalam keterangan tertulis, Kamis (1/4/2021).

Lebih lanjut Tri Tharyat menyampaikan apresiasi atas keberhasilan kepada Cogindo yang telah resmi berekspansi, dan berharap langkah ini menjadi yang pertama dan dapat diikuti oleh perusahaan lain di Indonesia.

"Pak Menteri dari Kuwait menyampaikan kepada kami bahwa beliau menyayangkan tidak bisa hadir langsung namun beliau menegaskan bahwa Proyek ini yang pertama namun bukan yang terakhir. Sukses terus buat teman-teman Cogindo kedepannya," katanya.

Direktur Utama Cogindo, Ade Hendratno mengatakan bahwa kontrak ini menjadi bukti bahwa Indonesia dapat bersaing di pasar global.

“Di tengah situasi perekonomian yang terkontraksi akibat pandemi Covid-19, Cogindo justru mampu melakukan pengembangan bisnis ke pasar global (overseas). Ini menjadi sangat prestisius dan menjadi bukti bahwa kita bisa bersaing di pasar global,” kata Ade, Kamis (1/4/2021).

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini