Suara Iran Makin Lantang, Pekikkan Tolak Skema Pencabutan Sanksi AS Secara Bertahap

Suara Iran Makin Lantang, Pekikkan Tolak Skema Pencabutan Sanksi AS Secara Bertahap Kredit Foto: IStock

Iran menolak skema pencabutan sanksi oleh Amerika Serikat (AS) secara bertahap. Teheran mengatakan, AS harus mencabut seluruh sanksi sekaligus.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh mengatakan bahwa Teheran hanya menerima kesepakatan jika AS mencabut seluruh sanksi sekaligus dan bukan bertahap. 

Baca Juga: Arab Saudi Ngide Damai, Iran Sambut Baik: Tolong, Bebaskan Rakyat Yaman!

"Tidak ada rencana langkah demi langkah yang sedang dipertimbangkan. Kebijakan definitif Iran adalah pencabutan semua sanksi AS," ucap Khatibzadeh, seperti dilansir Reuters pada Sabtu (3/4/2021).

Sementara itu, sebelumnya AS dan anggotaperjanjian nuklir Iranakan bertemu pada minggu depan untuk memulai negosiasi menyelamatkan perjanjian tersebut. Ini adalah upaya pertama dari pemerintahan AS di bawah PresidenJoe Biden.

Pejabat senior dari pemerintahIran, Prancis, Inggris, Jerman, Rusia, China, AS, dan Uni Eropa (UE) semuanya akan bertemu di Wina. Namun, pejabat Iran dan AS tidak akan bertemu secara langsung.Baca juga: Iran Tolak Pertemuan dengan AS di Wina

"Pejabat AS dan Iran tidak akan bertemu secara langsung, tetapi tim AS berencana untuk bertemu dengan pejabat dari negara lain yang menandatangani kesepakatan tersebut. Tidak jelas berapa lama pertemuan itu akan berlangsung," kata seorang pejabat senior pemerintah AS.

Pemerintahan Biden mengatakan bahwa diskusi di Wina akan fokus pada mengidentifikasi tindakan yang perlu diambil oleh AS dan Iran untuk kembali mematuhi kesepakatan nuklir Iran, termasuk pencabutan sanksi oleh AS.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini