Apa Itu Klausul Asuransi?

Apa Itu Klausul Asuransi? Kredit Foto: Sequis

Klausul asuransi adalah syarat yang dapat diperjanjikan dalam akta hipotek dari perusahaan asuransi penerbit polis asuransi yang menyatakan bahwa kreditur akan menerima uang pertanggungan dari perusahaan asuransi atas suatu barang jaminan yang diasuransikan.

Klausul asuransi menguraikan jaminan dan perlindungan utama yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dan menyatakan apa yang dicakup. Itulah mengapa sangat penting untuk memahami bagian dari polis ini untuk berkomunikasi dengan penyedia asuransi jika ada hal yang belum dimengerti.

Baca Juga: Apa Itu Surat Berharga?

Dengan kata lain, klausul ini merinci risiko yang harus dibayar oleh perusahaan asuransi dan menentukan ruang lingkup pertanggungan.

Dengan kata lain, klausul ini menguraikan peran yang telah disetujui oleh perusahaan asuransi untuk dilakukan sebagai bagian dari kontrak. Contohnya termasuk membayar kerugian tertentu yang timbul dari risiko yang diasuransikan, memberikan layanan tertentu yang telah disepakati, memberikan pembelaan untuk gugatan yang tunduk pada kondisi tertentu, dan perjanjian lain yang merupakan bagian dari perlindungan polis asuransi yang dibayarkan.

Misalnya, dalam polis asuransi jiwa, klausul asuransi menyatakan tujuan utama membayar sejumlah tertentu dalam tunjangan kematian kepada penerima manfaat yang disebutkan setelah kematian tertanggung.

Dalam konteks ini, itu akan mencakup nama perusahaan asuransi, nilai nominal yang harus dibayar, dan nama tertanggung. Dalam kebijakan yang lebih kompleks, bagian klausul asuransi mungkin juga menyertakan informasi tentang penyebab kematian yang diterima dan batasan apa pun (jika ada) yang mungkin berlaku di bawah skenario yang berbeda.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini