Di Momen Paskah, Paus Fransiskus Singgung Vaksin Corona dan Konflik di Dunia

Di Momen Paskah, Paus Fransiskus Singgung Vaksin Corona dan Konflik di Dunia Kredit Foto: Antara/REUTERS/Remo Casilli

Dalam pesan Paskah pada Minggu (4/4/2021), Paus Fransiskus mendesak tersedianya akses dan vaksin Covid-19 untuk setiap penduduk dunia, khususnya di negara-negara yang berpendapatan rendah. Dia juga mengecam situasi dimana terlalu banyak perang atau konflik berkecamuk di dunia.

Paus Fransiskus merayakan misa Paskah bersama sekitar 200 orang di Basilika Santo Petrus dan kemudian memberikan pesan “Urbi et Orbi”-nya dan pemberkatan pada hari paling penting dalam kalender liturgi umat Kristen.

Baca Juga: Paus Fransiskus Peringatkan Umat Ada Iblis yang Manfaatkan Pandemi Corona

Yakni perayaan kebangkitan Tuhan Yesus. Dalam pesannya, Paus mengatakan, di dunia ini terlalu banyak perang dan kekerasan yang berkecamuk. Dia berdoa semoga Allah mau membantu orang di dunia ini untuk menghilangkan pola pikir ingin berperang.

Paus mengatakan pesan Paskah tidak menawarkan sebuah mukjizat, tidak memberi jalan keluar dari situasi yang sulit yang sedang dialami dunia.

Paus menambahkan, pandemi virus corona masih terus merebak, sementara krisis sosial dan ekonomi tetap parah, khususnya untuk orang-orang di dunia ini yang ekonominya terpinggirkan.

Paus juga menyesalkan belanja militer dan konflik bersenjata terus berlangsung selama pandemi ini. “Ini adalah skandal di masa ini,” ujarnya.

Paus menjelaskan Kristus yang bangkit adalah harapan bagi mereka yang terus menderita dari pandemi, baik yang sakit, dan mereka yang kehilangan keluarga yang mereka cintai. Dia berdoa semoga Allah memberi mereka perlindungan dan mendukung karya dari para dokter dan jururawat.

Paus menekankan bagaimana setiap orang, khususnya mereka yang paling rentan harus punya akses ke layanan kesehatan. Dia mengatakan, vaksin Covid-19 merupakan alat penting di masa ini dalam melawan penyebaran virus corona.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini