Bekas Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc Kini Resmi Duduki Kursi Presiden Vietnam

Bekas Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc Kini Resmi Duduki Kursi Presiden Vietnam Kredit Foto: Voice of Vietnam

Majelis Nasional Vietnam memilih Nguyen Xuan Phuc sebagai presiden pada Senin (5/4/2021), setelah sebelumnya menjabat perdana menteri selama lima tahun.

“Majelis Nasional memberikan suara rahasia untuk memilih Nguyen Xuan Phuc sebagai Presiden baru Republik Sosialis Vietnam,” ujar pernyataan resmi media pemerintah Vietnam Government Portal.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok dan Vietnam Mulai V-Shape

Selanjutnya Nguyen dilantik sebagai presiden hanya beberapa menit setelah legislator memberikan suara kepadanya.

“Presiden yang baru berjanji untuk melakukan yang terbaik guna memenuhi tugas yang diberikan kepadanya oleh Partai, Negara dan rakyat,” kata Vietnam Government Portal.

Phuc, 67 tahun, terpilih sebagai Perdana Menteri untuk masa jabatan 2016-2021 pada sidang pertama Majelis Nasional ke-14. Di bawah kepemimpinannya sebagai Perdana Menteri, PDB Vietnam meningkat 1,4 kali lipat dibanding tahun 2015.

Dalam hal indeks daya saing global, Vietnam naik 10 peringkat ke posisi 67 dari 141 negara, menurut World Economic Forum.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini