Apa Itu Cost Per Action (CPA)?

Apa Itu Cost Per Action (CPA)? Kredit Foto: Unplash/Campaign Creators

Ada beberapa cara untuk melakukan kampanye pemasaran secara online. Anda bisa membayar layanan yang ditawarkan oleh mesin pencari atau publisher iklan web lainnya setiap kali iklan itu diklik, setiap 1.000 kali iklan itu dilihat, atau setiap kali interaksi pengguna yang mengarah kepada penjualan dari iklan produk tersebut.

Opsi ketiga mengharuskan pengguna mengklik iklan Anda dan mendaftar untuk dapat uji coba gratis suatu produk, mendaftar untuk mengunduh secara gratis, atau membeli produk Anda. Pendaftaran dan registrasi akun akan menghasilkan prospek perusahaan dan peningkatan dari segi penjualan.

Baca Juga: Apa Itu Contextual Advertising?

Dengan jenis iklan ini, Anda membayar hosting web terkait sejumlah biaya yang disepakati untuk setiap jenis tindakan tertentu. Untuk prospek, hal itu dapat berarti dalam jumlah tertentu, sedangkan untuk penjualan, hal itu dapat berarti dalam persentase tertentu dari total jumlah penjualan. Cara ini dinamakan Cost Per Action (CPA). Simak artikel berikut ini untuk mengenal apa itu Cost Per Action.

Mengenal Apa Itu Cost Per Action (CPA) 

Cost Per Action adalah model pembayaran iklan digital yang memungkinkan publisher iklan online menagih pengiklan untuk setiap tindakan tertentu yang dilakukan oleh calon pelanggan. Semua tindakan yang dicakup oleh model periklanan ini berkaitan langsung dengan beberapa jenis konversi, mulai dari pendaftaran newsletter hingga mendapatkan “klik” tautan tertentu, Semua ini ditentukan dan disepakati oleh pengiklan.

CPA adalah model periklanan di mana publisher iklan online dibayar untuk setiap tindakan yang dihasilkan sebagai dampak positif dari pemasaran produk Anda. Ini berbeda dari pemasaran afiliasi biasa karena Anda mungkin tidak perlu melakukan penjualan untuk mendapatkan bayaran dalam jaringan CPA. Pembayaran biasanya didasarkan pada perolehan prospek seperti mengirimkan nomor telepon atau alamat email untuk mendapatkan beberapa produk atau informasi gratis.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, fakta bahwa Anda bisa mendapatkan bayaran tanpa harus melakukan satu penjualan pun dapat membuat strategi pemasaran CPA sangat menarik bagi para pemasar yang ingin "menghasilkan uang secara online" dan berpotensi meninggalkan banyak ruang untuk dieksploitasi. Ini berarti bahwa jaringan CPA biasanya akan sedikit lebih ketat daripada jaringan afiliasi biasa saat Anda mengizinkan orang masuk ke jaringan mereka.

Metode Promosi Cost Per Action

Ada banyak cara  untuk mempromosikan kampanye CPA, beberapa di antaranya memerlukan situs web Anda sendiri, sementara cara lainnya tidak membutuhkan situs web. Sebenarnya, pemasaran CPA tidak jauh berbeda dari jenis pemasaran lainnya. Pada dasarnya, Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk mempertimbangkan produk yang Anda promosikan dan di mana Anda benar-benar akan menemukan pasar yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut atau membeli produk tersebut.

Karena itu, berikut adalah beberapa contoh metode promosi CPA yang populer dan mungkin pernah Anda temui:

• Review Situs Web - Umumnya jenis situs web ini akan berisi tiga atau lebih produk dalam ceruk tertentu. Mereka kemudian akan memberi Anda pengantar singkat untuk setiap produk, review dar setiap produk dan biasanya ditampilkan peringkat lima bintang. Masing-masing dari produk ini biasanya akan diberi peringkat secara berurutan dan semuanya akan berisi tautan ke landing page yang sudah dipersonalisasi atau langsung ke penjual produk tersebut.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini