IA-CEPA Optimalkan Indonesia Sebagai Economic Powerhouse

IA-CEPA Optimalkan Indonesia Sebagai Economic Powerhouse Kredit Foto: Dok. Kemendag

IA-CEPA diproyeksikan menjadi sarana optimalisasi keunggulan Indonesia dengan memanfaatkan support dalam supply chain dengan Australia. Ini akan meningkatkan daya saing dan daya tembus produk-produk Indonesia di negara ketiga.

Demikian dikatakan Wamendag Jerry Sambuaga saat menjadi pembicara dalam sosialisasi Indonesia- Australia Comprehensive Economic Partnership (IA-CEPA) bersama Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima di Serpong, Banten beberapa waktu lalu.

“IA-CEPA bukan hanya bermanfaat untuk perdagangan langsung dua negara, tapi juga bisa optimalkan peran powerhouse Indonesia ke negara dunia ketiga. Contohnya Indonesia bisa dapat bahan baku mie instan yang lebih murah dari Australia melalui IA-CEPA sehingga mie instan Indonesia makin tumbuh dan menguasai pasar-pasar baru,” kata Jerry, dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/4/2021). Baca Juga: Wamendag Jerry Dorong Pelajar di Luar Negeri Jadi Duta Produk Indonesia

Dalam perjanjian IA-CEPA, ribuan produk asal Indonesia mendapatkan keringanan bea masuk ke Australia sebesar 0%. Ini meningkatkan penetrasi produk Indonesia dalam perjanjian bilateral. Sebaliknya, Indonesia juga bisa memanfaatkan pasokan bahan mentah dan bahan baku dari Australia di berbagai bidang, khususnya di industri yang jadi keunggulan Indonesia seperti industri olahan pangan, tekstil, alas kaki dan sebagainya.  Baca Juga: Kolaborasi dengan Ganjar, Wamendag Jerry Pacu Kinerja SRG Jawa Tengah

Manffat lain adalah di bidang pengembangan kapasitas. Australia menyediaan 200 visa training setiap tahunnya bagi warga negara Indonesia dengan masa tinggal 6 bulan di Australia. Ini bisa jadi sarana bagus untuk meningkatkan skill bagi WNI dalam berbagai bidang.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini