Kisah Orang Terkaya: Cyrus Poonawalla, Raja Distributor Vaksin Raksasa Dunia

Kisah Orang Terkaya: Cyrus Poonawalla, Raja Distributor Vaksin Raksasa Dunia Kredit Foto: Twitter/htTweets

Salah satu orang terkaya dunia berasal dari India, ialah Cyrus Poonawalla yang lahir pada tahun 1941 dan memiliki kekayaan USD12,7 miliar (Rp184 triliun). Poonawalla adalah seorang pengusaha dan ketua Poonawalla Group, pemilik Serum Institute of India, perusahaan bioteknologi India yang memproduksi vaksin.

Poonawalla lahir di keluarga Parsi. Ayahnya adalah seorang peternak kuda. Ia menikah dengan Villoo Poonawalla, yang meninggal pada tahun 2010. Mereka memiliki seorang putra, Adar, yang saat ini bekerja sebagai CEO Serum Institute of India.

Poonawalla bersekolah di Sekolah Uskup dan kemudian lulus dari Sekolah Tinggi Perdagangan Brihan Maharashtra, Universitas Pune, pada tahun 1966.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Lu Zhongfang, Miliarder China yang Baru Kaya Raya Usai Pensiun

Cyrus Poonawalla lahir dari keluarga yang memiliki ikatan lama dengan sirkuit balap India, melalui keluarga Poonawalla Stud Farms. Di usia muda, Poonawalla menyadari bahwa pacuan kuda tidak memiliki masa depan di negara sosialis seperti India, ia perlu menjelajahi tempat lain.

Ia pun mulai bereksperimen dengan mobil bersama seorang temannya. Dia awalnya membangun mobil sport prototipe seharga USD120, yang dimodelkan pada Jaguar tipe-D. Setelah itu, dia akhirnya meninggalkan ide memasarkan mobilnya ketika dia menyadari bahwa menciptakan produk untuk orang banyak daripada untuk kalangan elit akan menjadi langkah yang lebih cerdas.

Institut Serum India pun akhirnya didirikan oleh Poonawalla pada tahun 1966, dan mereka meluncurkan serum tetanus terapeutik pertama dalam dua tahun dan mulai memproduksi vaksin anti-tetanus segera setelah itu.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini