Gawat, Duet Kapal Induk dan Kapal Perang China Mejeng di Dekat Taiwan

Gawat, Duet Kapal Induk dan Kapal Perang China Mejeng di Dekat Taiwan Kredit Foto: Taiwan News

Kapal induk Liaoning dan beberapa kapal perang militer China melakukan latihan tempur di sebuah perairan di dekat Taiwan. Manuver militer itu, menurut Beijing, akan menjadi latihan rutin.

Taiwan mengeluhkan peningkatan aktivitas militer China di dekatnya dalam beberapa bulan terakhir, karena Beijing meningkatkan upaya untuk menegaskan kedaulatannya atas pulau yang memerintah sendiri secara demokratis itu.

Baca Juga: Siaga Perang, Kapal-kapal Perang Militer Taiwan Pagari Pulau Terbesar di LCS

Angkatan Laut China mengatakan kelompok tempur kapal induk, yang dipimpin oleh Liaoning—kapal induk pertama negara itu yang dioperasikan secara aktif—melakukan latihan rutin di perairan dekat Taiwan.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuannya untuk menjaga kedaulatan nasional, keselamatan dan kepentingan pembangunan," kata Angkatan Laut China yang dilansir Reuters, Selasa (6/4/2021).

“Latihan serupa akan dilakukan secara rutin di masa depan," imbuh Angkatan Laut, tanpa memberikan penjelasan lebih rinci.

Pernyataan militer Beijing itu muncul setelah Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan serbuan baru oleh Angkatan Udara China ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) pulau itu pada hari Senin.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya memiliki "pemahaman penuh" tentang situasi di udara dan laut di sekitar Taiwan dan bahwa pihaknya menangani dengan tepat masalah tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pada hari Minggu bahwa kapal induk Liaoning, yang dikawal lima kapal perang, telah transit di Selat Miyako dalam perjalanan ke Pasifik.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini