Joe Biden dan Yoshihide Suga Bakal Bersua, China Lempar Ancaman Terbuka ke Jepang

Joe Biden dan Yoshihide Suga Bakal Bersua, China Lempar Ancaman Terbuka ke Jepang Kredit Foto: Reuters/Toru Hanai

China mengancam Jepang, agar tidak bekerja sama dengan AS untuk melawan Negeri Tirai Bambu. Ancaman ini disampaikan menjelang pertemuan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, pekan depan.

Dikutip media online Associated Press (AP), kemarin, Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi telah menghubungi Menlu Jepang Toshimitsu Motegi, Senin lalu (5/4/2021) melalui telepon.

Baca Juga: Turki Datangkan Dubes China untuk Penuhi Hak Jawab Kasus...

Dalam pembicaraan keduanya disebutkan, kedua negara me­mastikan, hubungan bilateral tidak tersangkut dengan kon­frontasi antara negara-negara be­sar.

Mengutip pernyataan Wang, China berharap Jepang tampil sebagai negara yang bebas, meli­hat perkembangan China secara obyektif dan rasional. Tidak disesatkan beberapa negara yang memiliki pandangan bias terhadap China.

“Wang menentang campur tangan Jepang dalam urusan inter­nal China di Xinjiang dan Hong Kong,” jelas pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

Pada 16 April nanti, PM Suga bakal melakukan perjalanan ke Washington untuk bertemu denganPresiden Biden. Ini akan jadi pertemuan langsung pertama sejak Biden menggan­tikan Donald Trump, Januari lalu.

Biden, disebut berbeda dengan pendahulunya Trump. Dia me­nekankan, ingin membangun kembali hubungan dengan se­kutu Eropa dan Asia. Di saat AS bersiap bersaing dengan China yang sedang bangkit.

Dalam pertemuan Suga-Biden nanti, Motegi menyebut, keduapemimpin bakal mengangkat isu Hak Asasi Manusia (HAM) di wilayah Xinjiang, China dan isu demokrasi di Hong Kong.

Keduanya merupakan masalah penting bagi Wakil Presiden AS periode 2009-2017 itu. Selain isu-isu tersebut, keduanya juga diagendakan membahas masalah Taiwan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini