Dalam 3 Bulan, Dana Rp65 Triliun Sudah Mengalir untuk Bitcoin dkk

Dalam 3 Bulan, Dana Rp65 Triliun Sudah Mengalir untuk Bitcoin dkk Kredit Foto: Unsplash/Executium

Arus masuk ke dana dan produk cryptocurrency mencapai 4,5 miliar dolar AS (sekitar Rp65,4 triliun) pada kuartal I 2021; menandakan peningkatan partisipasi investor institusional di sektor tersebut.

Berdasarkan data manajer uang digital, CoinShares yang WE kutip dari Reuters, Rabu (7/4/2021), arus masuk pada kuartal ini menunjukkan peningkatan 11% dari kuartal IV 2020 yang mencapai 3,9 miliar dolar AS.

Akan tetapi, investasi ke kripto melambat pada kuartal I daripada kuartal IV yang mencatatkan 240% pertumbuhan. Coinshares mengatakan, "Itu bukan indikasi tren perlambatan yang lebih luas, karena tingkat pertumbuhan per kuartal cenderung sangat bervariasi."

Baca Juga: Salut! Rapper Ini Akan Bangung Kota Kripto Kedua di ....

Baca Juga: BTC Terus Tumbuh, Industri Kripto Jadi Ramai Guyuran Investasi Loh

Pada Senin (5/4/2021), sektor aset kripto mencatatkan kapitalisasi pasar 2 triliun dolar AS; di mana Bitcoin menguasai pasar senilai 1 triliun dolar AS.

"Ada begitu banyak momentum yang sedang dibangun, membuat para investor meninjau arah aset kripto selain Bitcoin," jelas Analis Pasar Senior di platform perdagangan FX online, OANDA, Edward Moya.

Bitcoin memiliki arus masuk paling banyak pada kuartal I dengan 3,5 miliar dolar AS. Di posisi kedua ada Ethereum yang membukukan investasi 765 juta dolar AS.

Data Coinshares juga menunjukkan melonjaknya aset kripto yang dikelola ke level 59 miliar dolar AS; di mana tahun lalu hanya sampai level 46,1 miliar dolar AS.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini