Lawan Lenovo di Meja Hijau, Nokia Akhirnya Menang?

Lawan Lenovo di Meja Hijau, Nokia Akhirnya Menang? Kredit Foto: Unsplash/Pawe? Czerwi?ski

Pertarungan paten antara Nokia dan Lenovo di meja hijau sudah selesai; menandai selesainya litigasi yang tertunda di semua yuridiksi.

Namun, ketentuan perjanjian lintas lisensi tetap menjadi rahasia. Juru bicara Nokia bahkan enggan mengungkapkan rincian keuangannya.

"Lenovo akan membayarkan net balancing kepada kami," ujar pihak Nokia, dilansir dari Reuters,  Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Dalam 3 Bulan, Dana Rp65 Triliun Sudah Mengalir untuk Bitcoin dkk

Baca Juga: Token Tumbuh 2.000%, Raksasa Pertukaran Kripto Negara Ini Rilis Pasar NFT

Nokia memulai pertarungan hukum melawan Lenovo pada 2019 atas dugaan pelanggaran 20 paten teknologi kompresi video. Kasus berlaku di Amerika Serikat (AS), Brasil, India, dan 6 kasus di Jerman. 

"Kesepakatan global yang akan dicapai akan memungkinkan kolaborasi masa depan antara perusahaan kami, untuk kepentingan pelanggan global," jelas Kepala Kekayaan Intelektual Lenovo, John Mulgrew.

Di lain sisi, Lenovo juga menggugat Nokia di Pengadilan California. Akan tetapi, Pengadilan Munich menyatakan, Lenovo melanggar 1 paten Nokia dan memerintahkan penarikan produk dari peritel pada September 2020.

Portofolio paten Nokia terdiri dari sekitar 20.000 kelompok paten, termasuk lebih dari 3.500 kelompok paten yang dinyatakan penting untuk standar teknologi 5G.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini