Membandel di LCS, Taiwan Lempar Ancaman Paksa Tembak Jatuh Drone China

Membandel di LCS, Taiwan Lempar Ancaman Paksa Tembak Jatuh Drone China Kredit Foto: Sindonews

Taiwan menyatakan melihat drone China mengitari Kepulauan Pratas yang dikendalikan Taipei di Laut China Selatan. Taipei mengatakan, mereka mungkin menembak jatuh drone tersebut jika mereka terbang terlalu dekat atau memasuki wilayah itu.

Berbicara kepada Parlemen Taiwan, Kepala Dewan Urusan Kelautan, Lee Chung-wei, mengatakan bahwa mereka baru-baru ini melihat pesawat tak berawak China mengelilingi Pratas, meskipun mereka belum terbang di atas pulau-pulau itu.

Baca Juga: China Makin Agresif dan Taiwan Tertekan, Mungkinkah AS Ikut Perang Habis-habisan?

"Drone itu tidak pernah memasuki perairan dan wilayah udara kami yang dibatasi, mereka hanya terbang di sekitar mereka pada jarak tertentu," kata Lee.

Ditanya bagaimana Penjaga Pantai akan bereaksi jika pesawat tak berawak China memasuki zona terlarang itu, Lee mengatakan, mereka memiliki aturan keterlibatan.

"Setelah masuk, itu (drone) akan ditangani sesuai aturan. Kalau perlu tembak, kita akan menembaknya," sambungnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Kamis (8/4/2021).

Kepulauan Pratas terletak di ujung atas jalur air yang disengketakan dan telah menjadi sumber intrik yang relatif baru antara Taiwan dan Beijing.

Dalam beberapa bulan terakhir, Taiwan telah mengeluhkan aktivitas Angkatan Udara Chin di dekat pulau-pulau itu, yang hanya dijagaPenjaga Pantai Taiwan, meskipun ada pengerahan Marinir secara berkala.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini