Senggol BUMN, Orang DPR Bawa-Bawa Proyek Smelter yang Mangkrak

Senggol BUMN, Orang DPR Bawa-Bawa Proyek Smelter yang Mangkrak Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Anggota Komisi VII DPR RI, Abdul Wahid menilai, sinergi BUMN yang digaungkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) belum berjalan maksimal.

Hal tersebut dikatakan menyusul dengan mangkraknya proyek smelter feronikel di Halmahera Timur.  Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Direksi PT Timah

Ia menyatakan, jika saat ini perkembangan proyek smelter katanya sudah mencapai 97,98 persen. Namun, proyek yang rencananya sinergi dengan PLN tersebut, operasionalnya tertunda lantaran belum ada aliran listrik. 

"Membangun smelter tanpa pasokan listrik menjadi bukti sinergi antar-BUMN tidak berjalan dengan baik. Belum lagi ada indikasi proses tender yang tidak transparan," katanya, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/4/2021). Baca Juga: Mantan Menteri BUMN Era SBY Bilang BUMN Konstruksi Hanya Tinggal Tunggu Waktu, Investor Angkat Koper

Karena itu, ia mengatakan dalam membenahi sinergi perusahaan pelat merah harus menjadi pekerjaan rumah Kementerian BUMN. 

"Saya lihat masih banyak yang perlu diperbaiki. Apalagi, jiwa enterpreneur pimpinan BUMN masih kurang, lebih banyak jiwa birokratifnya," katanya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini