Ramadan, Trafik Data XL Diproyeksi Naik 10%

Ramadan, Trafik Data XL Diproyeksi Naik 10% Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Sejumlah operator telekomunikasi mulai menyiapkan jaringan untuk menghadapai lonjakan traffic (lalu lintas) data dan komunikasi suara pada Ramadan hingga Idulfitri tahun ini.

Direktur Komersial XL Axiata, David Arcelus Oses, mengatakan bahwa trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan saat pandemi berlangsung dan berlaku pembatasan pergerakan masyarakat.

Baca Juga: XL Axiata Siapkan 50 BTS Perkuat Jaringan Kawasan Perguruan Tinggi Jatinangor

"Kami telah menyiapkan jaringan yang bisa mengakomodasi semua peningkatan trafik tersebut dengan menambah kapasitas hingga 200% dibandingkan kapasitas harian," kata David di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Selain itu, lanjutnya, langkah optimalisasi jaringan juga akan dilakukan dengan melihat kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan. Ia menilai, kebijakan pemerintah yang melarang mudik saat Lebaran akan menjadi arahan untuk lebih memperkuat jaringan di area pemukiman, tanpa mengurangi kualitas jaringan di lokasi-lokasi wisata.

"Trafik jaringan diperkirakan akan meningkat hingga 10% selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat lagi hingga 20% saat masuk di masa libur Lebaran," tegasnya.

Untuk layanan-layanan digital yang bisa membantu pelanggan beribadah serta bersilaturahmi diperkirakan akan banyak diakses masyarakat. Aplikasi-aplikasi yang menyediakan e-book kemungkinan akan banyak diakses guna mendapatkan Alquran atau buku-buku agama versi digital. Selain itu, aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk bersilaturahmi secara daring juga kemungkinan akan makin banyak diakses.

Selain mempersiapkan jaringan, XL juga meluncurkan sejumlah promo menarik untuk hampir semua segmen yang meliputi produk XL, AXIS, XL Prioritas, dan XL Home.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini