Eks Istri PM Pakistan Bawa-bawa Ayat Alquran Ini untuk Kasus Pemerkosaan

Eks Istri PM Pakistan Bawa-bawa Ayat Alquran Ini untuk Kasus Pemerkosaan Kredit Foto: Reuters/Aly Song

Perdana Menteri (PM) Pakistan menyalahkan pakaian vulgar perempuan sebagai pemicu meningkatnya pemerkosaan di negara itu. Mantan istrinya, Jemima Goldsmith,mengacam komentar tersebut dengan mengutip ayat Al-Qur'an sebagai dasar pembelaan.

"'Katakan kepada orang-orang beriman, agar mereka menjaga pandangan mereka dan menjaga bagian pribadi mereka', Quran 24:31. Tanggung jawab ada pada laki-laki," tulis Goldsmith, 47, perempuan asal Inggris yang kini berprofesi sebagai penulis skenario.

Baca Juga: Jaksa ke Habib Rizieq: Ayat Alquran Tak Jadi Acuan Pidana di Indonesia, Terkesan Ingin Adu Domba

Terjemahan secara umum atas ayat tersebut berbunyi; "Katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar menjaga pandangan mereka dan menjaga kemaluan mereka."

Goldsmith menceraikan PM Khan setelah sembilan tahun menikah pada tahun 2004 karena kehidupan politik Khan yang sibuk.

Komentar PM Khan soal pakaian vulgar perempuan sebagai pemicu maraknya pemerkosaan di Pakistan dibuat dalam acara di televisi. "Sejarah dunia menceritakan ketika Anda meningkatkan fahashi (vulgaritas) di masyarakat, dua hal terjadi: kejahatan seks

meningkat dan sistem keluarga rusak. Seluruh konsep purdah ini untuk menghindari godaan," kata PM Khan.

Sesuai data resmi Pakistan, hanya 77 terdakwa pemerkosaan yang telah dihukum—hanya 0,3 persen dari jumlah total dan hanya 18 persen kasus pemerkosaan yang telah mencapai tahap penuntutan dalam enam tahun terakhir di Pakistan.

Para aktivis hak-hak perempuan di negara itu mengecam komentar PM Khan dan menuduhnya memiliki "ketidaktahuan yang membingungkan".

Ratusan orang menandatangani pernyataan yang diedarkan secara online pada hari Rabu, menyebut pernyataan PM Khan secara faktual tidak benar, tidak sensitif dan berbahaya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini