Kisah Orang Terkaya: Tao Zhang, Miliarder Asal China yang Tajir Berkat Review Restoran

Kisah Orang Terkaya: Tao Zhang, Miliarder Asal China yang Tajir Berkat Review Restoran Kredit Foto: SoundCloud/GGVCapital

Salah satu orang terkaya dunia, Tao Zhang adalah pendiri dan CEO Dianping.com, sebuah website yang menawarkan ulasan konsumen untuk restoran. Forbes mencatat kekayaan bersih Tao Zhang diperkirakan mencapai USD11,6 miliar atau setara dengan Rp168 triliun.

Tao adalah lulusan MBA dari Wharton School of the University of Pennsylvania . Sebelum mendirikan Dianping, ia adalah konsultan di sebuah perusahaan IT Amerika. Setelah kembali ke China pada tahun 2003, ia mendirikan Dianping.com.

Setelah 5 tahun pengembangan, dianping memiliki lebih dari 460.000 perusahaan terdaftar di lebih dari 340 kota di seluruh China. Mereka pun telah memiliki lebih dari 10 juta pengunjung tetap dan 160 juta tampilan halaman per bulan hingga menjadikannya situs web kehidupan kota paling populer di China.

Baca Juga: Duo Bos Djarum Masuk Daftar 100 Orang Terkaya Dunia Forbes, Harta Kekayaannya Tembus...

Dianping juga telah mendirikan cabang di 5 kota termasuk Shanghai, Beijing, Guangzhou, Nanjing dan Hangzhou dan masih terus berkembang. Saat ini layanannya melibatkan berbagai area konsumsi dalam kehidupan kota, seperti restoran, perbelanjaan, layanan reaksi dan kehidupan, dll.

Dengan model bisnis yang menguntungkan, Dianping telah dianggap sebagai salah satu perusahaan dengan nilai investasi terbesar di China oleh Zero2IPO dan China Venture. Itu juga mengumpulkan dana dari perusahaan modal ventura terkemuka global, seperti Sequoia Capital.

Pada tahun 2015, Dianping bergabung dengan rivalnya, raksasa pembelian grup Meituan. Sebagai perusahaan gabungan, Meituan-Dianping kini bernilai USD30 miliar (Rp436 triliun) dan menjadi startup keempat paling berharga di dunia.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini