Bos Oracle Larry Ellison Gabung Klub Centibillionaire, Miliarder dengan Kekayaan 100 Miliar Dolar AS

Bos Oracle Larry Ellison Gabung Klub Centibillionaire, Miliarder dengan Kekayaan 100 Miliar Dolar AS Kredit Foto: Twitter/DigitaliveWorld

Salah satu pendiri Oracle, Larry Ellison, meraih status centibillionaire untuk pertama kalinya setelah saham perusahaan perangkat lunaknya naik pada hari Kamis. Saham Oracle naik hingga 1,8% hingga mendorong kekayaan bersih Ellison naik USD1,8 miliar (Rp26 triliun), menjadi USD100 miliar (Rp1.457 triliun), menurut perkiraan Forbes.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Jumat (9/4/21) kemudian saham mengurangi keuntungan sedikit, menurunkan kekayaan bersih Ellison menjadi USD99,8 miliar pada penutupan pasar. Dia tetap menjadi orang terkaya keenam di dunia, USD15 miliar di belakang orang terkaya kelima di dunia, salah satu pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Baca Juga: ITB Wujudkan Education 4.0 dengan Oracle Fusion Cloud Application Suite

Ellison adalah chairman dan chief technology officer raksasa perangkat lunak Oracle, yang ia dirikan pada tahun 1977. Miliarder teknologi ini juga menjabat sebagai CEO Oracle selama 37 tahun sebelum melepaskan jabatan tersebut pada tahun 2014. Mayoritas kekayaannya berasal dari sahamnya di perusahaan tersebut yang berjumlah sekitar 35%, menurut pengajuan perusahaan.

Saham Oracle telah melonjak sekitar 10% selama dua minggu terakhir, menambahkan miliaran dolar ke kekayaan bersih Ellison. Sahamnya bahkan stabil meskipun Oracle baru-baru ini mengalami kerugian dalam pertempuran hukum selama puluhan tahun dengan Google. Investor semakin optimis tentang bisnis cloud Oracle yang sedang berkembang, melihatnya sebagai pesaing baru untuk kelas berat, seperti Google, Amazon, dan Microsoft.

Sang maestro perangkat lunak telah lama menjadi miliarder keenam dunia, bergabung dengan kelompok besar yang mencakup CEO Amazon Jeff Bezos, bos Tesla dan SpaceX Elon Musk, ketua LVMH Bernard Arnault, salah satu pendiri Microsoft Bill Gates, dan Zuckerberg dari Facebook. Musk adalah anggota terbaru dari klub senilai USD100 miliar yang bergabung ketika saham Tesla miliknya melonjak.

Selain Ellison, ada tiga tokoh terkenal lainnya yang hampir bergabung dengan klub centibillionaire. Investor terkenal Warren Buffett adalah orang terkaya ketujuh di planet ini, dengan kekayaan bersih USD99,6 miliar, menurut Forbes. Buffett sempat melewati angka USD100 miliar pada Maret 2021 tetapi saham Berkshire Hathaway segera jatuh. Tepat di belakang Buffett dalam peringkat adalah salah satu pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, yang masing-masing bernilai USD97,8 miliar dan USD94,8 miliar.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini