IMF Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Global 2021 Jadi 6%

IMF Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Global 2021 Jadi 6% Kredit Foto: Reuters/Yuri Gripas

Dana Moneter Internasional (IMF) menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini dariĀ  5,5% yang rilis pada Januari 2021 lalu menjadi 6%. Untuk tahun depan, lembaga ini justru menurunkan proyeksi menjadi 4,4%.

"Bahkan, dengan ketidakpastian yang tinggi tentang jalur pandemi, jalan keluar dari krisis kesehatan dan ekonomi ini makin terlihat," kata kepala ekonom IMF, Gita Gopinath, dalam laporan bertajuk World Economic Outlook (WEO) edisi April 2021.

Baca Juga: IMF Bakal Revisi Pertumbuhan Ekonomi Global 2021

IMF mengharapkan pemulihan ekonomi yang lebih kuat akan terjadi di tahun ini. Hal ini didorong peluncuran vaksin Covid-19 yang sedang berlangsung. Namun demikian, IMF juga memperingatkan adanya tantangan, mengingat tingkat pemberian suntikan yang berbeda di seluruh dunia.

"Putaran terakhir dari stimulus fiskal di AS, bersama dengan peluncuran vaksin di seluruh dunia, telah membuat setiap negara lebih percaya diri tentang ekonomi global tahun ini," ucap Gopinath.

Meskipun demikian, prospek IMF mengungkapkan tantangan yang lebih besar terkait dengan perbedaan dalam kecepatan pemulihan baik antarnegara maupun di dalam negara dan potensi kerusakan ekonomi yang terus-menerus dari krisis.

"IMF memperkirakan pertumbuhan 5,1% untuk ekonomi maju tahun ini dengan Amerika Serikat tumbuh 6,4%. Sementara, pertumbuhan ekonomi baru dan berkembang adalah 6,7% dengan India diperkirakan akan tumbuh sebanyak 12,5%," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini