Alhamdulillah, Penyaluran Kredit Bank Himbara Sudah Positif di Kuartal I 2021

Alhamdulillah, Penyaluran Kredit Bank Himbara Sudah Positif di Kuartal I 2021 Kredit Foto: Fajar Sulaiman

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan kredit Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang terdiri dari Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN pada kuartal I-2021 sudah tumbuh positif setelah sebelumnya sempat tertekan akibat pandemi covid-19.

Dalam diskusi Sarasehan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional - Temu Stakeholder di Nusa Dua, Bali, Jumat (9/4/2021), dia menyatakan, beberapa sektor pengungkit kredit perbankan ialah UMKM.

"Saya sudah cek angkanya (kredit) Maret pertumbuhan untuk Himbara sudah positif secara Year on Year dan semoga sampai dengan kuartal II positifnya makin besar," ujar Tiko, sapaan akrab Kartika.

Baca Juga: Genjot Kredit Perbankan, Empat Lembaga ini Lakukan Sinergi Kebijakan

Lebih jauh, Tiko menyadari pertumbuhan kredit secara industri pada bulan Febuari 2021 masih negatif pada kisaran -2% namun angka tersebut akan kembali membaik di tengah pemulihan ekonomi nasional.

"Pertumbuhan sudah mulai positif utamanya di mikro tertutama KUR yang mengikuti SME. Namun yang masih negatif di korporasi secara nasional dan modal kerja ini belum ke triger namun kita terus dorong di KUR dan mikro," pungkasnya.

Asal tahu saja, OJK mencatat pada Februari 2021 pertumbuhan kredit perbankan masih terkontraksi sebesar -2,15% (yoy). Angka tersebut tercatat lebih dalam bila dibandingkan dengan pertumbuhan -1,92% (yoy) pada Januari 2021.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini