LPS Klaim Nilai Simpanan yang Dijamin Jauh Lampaui Standar Internasional

LPS Klaim Nilai Simpanan yang Dijamin Jauh Lampaui Standar Internasional Kredit Foto: Fajar Sulaiman

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengklaim nilai simpanan masyarakat di bank yang dijamin LPS sudah jauh lebih tinggi diatas standar lembaga penjamin simpanan yang ada di dunia

Adapun berdasarkan regulasi LPS, nilai simpanan yang dijamin LPS adalah Rp2 miliar per nasabah atau setara dengan 35,1 kali PDB per kapita nasional di tahun 2020.

“Pernah ada yang bertanya kenapa tidak dinaikkan hingga Rp 5 miliar atau lebih tinggi lagi, kami dalam melakukan kebijakan ini selalu berpegang pada regulasi dan standar dunia/internasional yang rata-rata 7 kali PDB per kapita, jadi LPS itu sejatinya sudah jauh di atas standar lembaga penjamin simpanan yang ada di dunia,” ujarnya di Sarasehan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional - Temu Stakeholder di Nusa Dua, Bali, Jumat (9/4/2021).

Baca Juga: Keren! LPS Raih Opini WTP Tujuh Kali Berturut-turut dari BPK

Hingga saat ini, nominal simpanan yang dijamin LPS mencapai 51,34% dari total simpanan. Sedangkan cakupan rekening dengan saldo mencapai Rp2 miliar mencapai 99,91% dari total rekening, atau setara dengan 351.269.722 rekening. Rekening tersebut dilindungi dan dijamin 100 persen oleh LPS. 

“Artinya masyarakat tidak perlu khawatir tentang keamanan dananya di perbankan,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga memaparkan mengenai perkembangan positif perekonomian nasional dalam beberapa bulan terakhir.

Menurutnya, dari monitoring yang dilakukan oleh LPS, terpantau adanya pertumbuhan jenis simpanan berbentuk giro yang cukup signifikan yakni 16,5%. Sedangkan simpanan dalam bentuk deposito tumbuh relatif lambat yakni 2,9%.

“Artinya sebagian besar masyarakat sudah mengalihkan uangnya dari deposito ke giro untuk memulai belanja, atau mulai melakukan ekspansi bisnis. Ini menandakan bahwa ekonomi kita ke depan kelihatannya akan semakin cerah. Kebijakan yang dilakukan oleh KSSK maupun perbankan sepertinya sudah memberikan dampak yang sangat positif kepada perekonomian kita,” jelasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini