Astaga! Ternyata Gempa Besar yang Guncang Malang Sudah Diprediksi Bahkan Sejak 15 Tahun Lalu

Astaga! Ternyata Gempa Besar yang Guncang Malang Sudah Diprediksi Bahkan Sejak 15 Tahun Lalu Kredit Foto: (foto: Shutterstock)

Gempa besar yang berpusat di selatanĀ Malang, dan mengejutkan warga Jatim, Sabtu (10/4/2021) siang, ternyata sudah diprediksi oleh Geoscientist Universitas Brawijaya (UB) Malang, Adi Susilo.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Adi Susilo, dan dipublikasikannya pada tahun 2006 silam, gempa bumi besar ini diprediksinya bakal terjadi sekitar 2010-2020.

Baca Juga: Ya Rabb! Gempa Magnitudo 6,7 Goncang Malang, Kaca Rumah Bergetar Kencang

Tidak jauh dari prediksi tersebut, gempa bermagnitudo 6,1 terjadi di awal April 2021, dan memiliki daya kejut besar.

"Prediksi yang saya lakukan saat itu, berdasarkan hasil kajian terhadap catatan 13 ribu kejadian gempa yang terjadi di wilayah selatan Jatim. Data dari BMKG yang saya analisa, dari sana terdeteksi adanya periodesasi gempa besar antara 20-30 tahun," terangnya.

Baca Juga: Kurang dari 2 Jam, PLN Berhasil Pulihkan Gangguan Listrik Akibat Gempa Malang

Selain itu, Adi Susilo juga menyebutkan, lempeng bumi yang ada di selatan Jatim, merupakan lempeng tua.

Dia berharap, masyarakat tidak paranoid dengan kejadian ini, namun lebih meningkatkan kewaspadaan, sehingga ketika terjadi gempa bisa meminimalisir jatuhnya korban.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini