Amerika dan Israel Terang-terangan Ungkapkan Ketakutan Sama Organisasi Teroris Palestina

Amerika dan Israel Terang-terangan Ungkapkan Ketakutan Sama Organisasi Teroris Palestina Kredit Foto: AP Photo/Graeme Jennings

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dan Menlu Israel Gabi Ashkenazi berbagi kekhawatiran saat percakapan lewat telepon tentang potensi kemenangan Hamas dalam pemilu Palestina.

Laporan itu diungkapkan RT. Dalam laporan yang dikeluarkan portal berita Walla Israel, RT mengungkapkan Ashkenazi menyuarakan kekhawatiran Israel kepada Blinken tentang kemungkinan kemenangan Hamas karena perpecahan gerakan saingannya, Fatah.

Namun, Ashkenazi membenarkan Israel tidak menempatkan hambatan apa pun untuk merusak pemilu parlemen Palestina yang dijadwalkan pada 22 Mei.

Baca Juga: Pemilu Kian Dekat, KPU Palestina Rilis 36 Nama Kandidat Caleg

Walla melaporkan Blinken menanggapi Ashkenazi dengan menekankan bahwa negaranya tidak menentang pemilu Palestina.

Dia menegaskan kembali bahwa pemerintah AS percaya Israel dan Palestina harus menikmati kebebasan, keamanan, kemakmuran dan demokrasi yang sama.

Baca Juga: Menlu Blinken Sebut Israel dan Palestina Harusnya Punya Status yang Sejajar karena...

Departemen Luar Negeri (Deplu) AS, menurut laporan Walla yang diterbitkan ulang oleh RT, mendesak siapa pun yang mengambil bagian dalam pemilu Palestina, "Harus meninggalkan kekerasan, mengakui Israel dan menghormati kesepakatan sebelumnya."

Baik pejabat Israel dan AS telah mengkonfirmasi mereka lebih suka jika Palestina menunda pemilu atas kemauan mereka sendiri, menurut sumber Israel mengatakan kepada Walla.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini