Gak Ada Live Streaming Sidang Habib Rizieq Besok, Ternyata Gegara Ini ....

Gak Ada Live Streaming Sidang Habib Rizieq Besok, Ternyata Gegara Ini .... Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Sidang Habib Rizieq akan kembali berlangsung pada 12 April dan 14 April 2021 oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur. Agenda sidang itu adalah pemeriksaan saksi Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Persidangan Habib Rizieq akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB, tetapi tak ada siaran langsung (live streaming). Mengapa demikian? 

Humas PN Jakarta Timur, Alex Adam Faisal pun buka suara soal itu. "Karena (sidang) telah memasuki tahap pemeriksaan saksi, proses persidangan tak lagi disiarkan secara langsung," kata Alex, dikutip dari JPNN, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga: Weleh-Weleh! Orang Dalam Demokrat Sebut Habib Rizieq-Pentolan KAMI Harusnya Bebas!

Baca Juga: Lanjutan dari Kasus Habib Rizieq, Pengadilan Keluarkan Aturan Baru: Tidak Ada Siaran Langsung!

Menurut Alex, langkah itu bertujuan mencegah saksi saling mengontak sebelum sama-sama memberi keterangan; sesuai Pasal 159 ayat 1 KUHAP.

Ia menambahkan, "Hakim ketua sidang meneliti apakah saksi-saksi yang dipanggil sudah hadir dan memberi perintah pencegahan saksi berhubungan satu sama lain."

Namun, sidang masih bersifat terbuka. Para pengunjung dan media masih dapat menyaksikan tayangan pada monitor di lobi PN Jaktim.

"Sidang digelar terbuka untuk umum, tapi tak lagi disiarkan," imbuh Alex.

Agenda pemeriksaan saksi JPU pada Senin (12/4/2021) itu berhubungan dengan kasus kerumunan massa di Petamburan, Jakarta Pusat dan keramaian di Pondok Pesantren ALam Agrokultural Megamendung, Bogor.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini