Jack Ma Ngalah, Ant Group Bakal Restrukturasi Jadi Perusahaan Induk dengan Segmen Keuangan

Jack Ma Ngalah, Ant Group Bakal Restrukturasi Jadi Perusahaan Induk dengan Segmen Keuangan Kredit Foto: Forbes

People's Bank of China (PBoC) pada hari Senin mengonfirmasi bahwa raksasa Ant Group Jack Ma akan merestrukturisasi sebagai perusahaan kepemilikan keuangan.

Dilansir dari Yahoo Finance di Jakarta, Selasa (13/4/21) Ant Group yang penawaran umum perdananya senilai USD37 miliar ditangguhkan oleh regulator China pada November lalu, akan merestrukturisasi sebagai perusahaan induk keuangan, menurut laporan CNBC. Persyaratan restrukturisasi diharapkan dapat membatasi profitabilitas dan penilaian Ant Group.

Dua hari lalu, regulator China menghukum Alibaba dengan denda USD2,8 miliar (Rp40 triliun) sebagai bagian dari penyelidikan anti-monopoli raksasa teknologi itu karena menganggap Alibaba telah menyalahgunakan dominasi pasarnya. Restrukturisasi Grup Ant adalah bagian dari persyaratan penyelesaian klaim tersebut.

Baca Juga: Wah Gila! Thanks Xi Jinping, Abis Didenda, Harta Kekayaan Jack Ma Meroket Rp33 Triliun!

PBoC mengatakan bahwa di bawah rencana restrukturisasi yang komprehensif dan layak, Ant Group akan memutuskan hubungan yang tidak tepat dengan layanan pembayaran termasuk AliPay, Jiebei, dan Huabei, menurut laporan.

Pada bulan Februari, regulator China telah menyetujui rencana restrukturisasi dengan Ant Group yang akan menggabungkan semua segmen bisnisnya, termasuk cabang blockchainnya, menjadi perusahaan induk keuangan.

Ant Group dikenal dengan anak perusahaan utamanya termasuk Alipay dan Kakao, tetapi juga memiliki layanan penawaran blockchain berdasarkan teknologi AntChainnya sendiri.

Miliarder Jack Ma sang pendiri Alibaba dan afiliasinya Ant Group, tidak menonjolkan diri sejak Oktober ketika dia secara terbuka mengkritik sistem keuangan China dan sektor perbankan yang didominasi negara di sebuah acara Shanghai.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini