Lewati 21 Hari, Lembaga Ini Beberkan Reaksi Vaksin Sinovac Lawan Covid-19 Brasil

Lewati 21 Hari, Lembaga Ini Beberkan Reaksi Vaksin Sinovac Lawan Covid-19 Brasil Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Sinovac, vaksin Covid produksi China memiliki tingkat kemanjuran atau efikasi 50,7 persen.

Berdasarkan data terakhir, Sinovac terbukti ampuh melawan varian P1 dan P2 yang pertama kali ditemukan di Brazil. Tingkat efikasi atau kemanjuran ini bisa menanjak hingga 62,3 persen dengan interval lebih dari 21 hari.

Baca Juga: Bikin Kejutan Lagi, Pejabat China Terang-terangan Beberkan Tingkat Efektivitas Sinovac

Temuan ini muncul dalam laporan yang dirilis Butantan Institute, lembaga riset terkemuka di Sao Paulo, Brazil yang menguji dan memproduksi Coronavac, vaksin Covid jenis inactivated vaccine (vaksin berisi virus yang dilemahkan).

Laporan ini menyajikan data spesifik dan komprehensif dari hasil uji coba tahap akhir di Brazil.

Ini adalah laporan statistik paling rinci tentang vaksin Covid-19 China. Sinovac yang memiliki tingkat efikasi primer 50,7 persen, terbukti 83,7 persen efektif dalam mencegah kasus-kasus yang membutuhkan bantuan.

Efektivitas ini meningkat dibanding data yang dirilis pada Januari 2021, yang hanya mencatat angka 78 persen.

Statistik ini juga mengungkap, Sinovac 100 persen efektif melawan kasus sedang dan parah dalam uji klinis fase III acak, tersamar ganda, dan plasebo yang melibatkan 12.396 peserta.

"Tingkat kemanjuran yang diungkapkan dalam laporan ini sedikit lebih tinggi, dibanding yang dilaporkan pada awal Januari lalu. Hal ini terjadi karena ada perbedaan pelacakan perubahan data klinis dan kriteria, untuk menentukan kasus infeksi," kata Juru Bicara Sinovac, Liu Peicheng kepada Global Times, Senin (12/42021).

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini