Raksasa Perbankan Negara Ini Eksplor Inovasi Keuangan Bentuk Baru

Raksasa Perbankan Negara Ini Eksplor Inovasi Keuangan Bentuk Baru Kredit Foto: Unsplash/Dave Kim

Salah satu bank terbesar di Thailand, Kasikornbank (KBank) mulai bereksperimen dengan layanan DeFi sebagai bagian dari rencana ekspansi bisnisnya.

Melansir Cointelegraph, Selasa (13/4/2021), anak usaha KBank--Kasikorn Business Technology Group/KBTG--mempelopori eksplorasi keuangan terdesentralisasi bank.

Mengomentari rencana DeFi KBank, Ketua KBTG, Ruangroj Poonpol mengatakan, "DeFi adalah eksplorasi utama KBank Group tahun ini. Proyek ini sedang dieksplorasi melalui KBTG di bawah fase kedua program transformasi digital perusahaan."

Baca Juga: Terancam Diboikot Pemerintah, Bitcoin dkk Malah Meroket di Negara Ini!

Baca Juga: Soal Kabar Mogok Kerja Kurir Shopee Express, Ini Kata Shopee Indonesia

Menurut Poonpol, DeFi dapat memegang kunci meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat Thailand lewat akses ke layanan keuangan yang inovatif.

"Dengan bentuk yang didukung aset ini, DeFi juga dapat menciptakan nilai ekonomi bagi Thailand," kata Poonpol.

Namun, ada sejumlah rintangan yang membayangi DeFi; mengingat interaksinya dengan aset duniaya nyata. Jika ingin bertransisi ke arena arus utama, maka harus ada keterlibatan antara pemangku kepentingan DeFi dan regulator.

Lewat adopsi DeFi di kartu, KBank ingin memperluas kehadiaran di Asia Tenggara; khususnya di negara-negara seperti Vietnam yang 2/3 populasinya tak memiliki rekening bank.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini