Harga Lima Komoditas Ini Konsisten Tinggi Sejak Akhir 2020

Harga Lima Komoditas Ini Konsisten Tinggi Sejak Akhir 2020 Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Pemerintah dan masyarakat perlu mewaspadai adanya kenaikan harga pangan selama bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Terdapat lima komoditas pangan yang harganya konsisten tinggi sejak akhir 2020.

Berdasarkan data dan pantauan Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), lima komoditas tersebut adalah cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah dan daging sapi. Walaupun terdapat sedikit penurunan antara periode November 2020 hingga bulan ini, harga lima komoditas ini terpantau tetap tinggi.

Baca Juga: Kementan Intervensi Distribusi dan Stok, Amankan Ketersedian Pangan saat Ramadan dan Lebaran

“Pergerakan harga bisa menjadi parameter dalam melihat ketersediaan komoditas pangan. Pemerintah tentu perlu mengambil langkah strategis untuk menstabilkan harga komoditas pangan yang harganya fluktuatif. Tidak perlu menunggu harga tinggi,” jelas Peneliti CIPS Indra Setiawan di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Khusus harga cabai rawit ujarnya terus mengalami kenaikan. Kenaikan tertinggi terlihat terjadi di pertengahan hingga akhir bulan Maret 2021. Akibatnya, harga cabai rawit menjelang ramadan cenderung lebih tinggi dari bulan-bulan sebelumnya.

“Selain karena curah hujan yang tinggi, kenaikan harga ini disinyalir terjadi akibat hasil panen yang terserang virus. Saat ini harga cabai rawit adalah Rp70.400 per kilogram,” tambahnya.

Sementara itu, harga cabai merah terlihat fluktuatif dari waktu ke waktu. Titik tertinggi harga cabai merah terjadi di bulan Desember yang menyentuh angka Rp59.500,00. Setelah itu ada penurunan dan harga kembali naik menjelang Ramadan.

Tingginya harga dibanding bulan November ini masih akibat curah hujan yang tinggi di awal tahun yang mengganggu panen cabai merah di Indonesia. Saat ini harga cabai merah adalah Rp52.350.

Harga bawang putih juga naik cukup signifikan menjelang Ramadan. Harga bawang putih saat ini telah berada pada kisaran Rp30 ribu setelah sebelumnya berada di level Rp27 ribu-29 ribu. Bawang putih merupakan komoditas yang sebagian besar didapatkan dari impor.

“Meskipun belum jelas alasan kenaikan harga bawang putih, kompleksnya proses impor bawang putih dapat menjadi salah satu penyebab kenaikan harga tersebut,” pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini