'Bitcoin Bisa Bantu Transisi ke Energi Hijau', yang Benar?

'Bitcoin Bisa Bantu Transisi ke Energi Hijau', yang Benar? Kredit Foto: Unsplash/André François McKenzie

Pelaku usaha industri kripto percaya kalau menambang Bitcoin akan dapat membantu transisi menuju energi hijau secara global.

CEO Foundry Digital, Mike Colyer yakin perusahaan energi raksasa dapat merestrukturisasi modal dan operasi apabila menyadari manfaat ekonomi dari penambangan kripto seperti Bitcoin.

"Penambangan Bitcoin memberi beban dasar yang stabil, tetapi masih terputus-putus untuk memungkinkan stabilitas jaringan. Hal itu menciptakan dinamika ekonomi yang begitu kuat untuk produk energi terbarukan," jelas Colyer, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Sigit Tanoko, Sukses Investasi Bitcoin Hingga Peer to Peer Landing

Baca Juga: Token Tumbuh 2.000%, Raksasa Pertukaran Kripto Negara Ini Rilis Pasar NFT

Menurutnya, negara-negara akan menemukan cara memanfaatkan sumber daya alam mereka demi terlibat dalam penambangan Bitcoin.

Lebih lanjut, ia mengatakan, "Pada titik tertentu, penambangan Bitcoin akan terlihat seperti utilitas dan itu akan menjadi bagian dari infrastruktur penting bagi negara."

Colyer juga mengutip kemajuan teknologi di AS, di mana anggota parlemen Kentucky mengupayakan keringan pajak bagi penambang mata uang kripto lokal.

Ia pun membahas soal penambanan Bitcoin berbasis di New York Greenidge Generation yang menjalankan pembangkit listrik hanya ketika permintaan tinggi.

Menurut bos perusahaan itu, transisi penggunaan energi itu bisa memakan waktu 10-20 tahun. Namun, tampaknya Bitoin akan berperan penting dalam hal itu.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini