Terungkap Perubahan Iklim Terjadi Gegara Gaya Hidup Para Miliarder, Segini Emisi Karbon Mereka!

Terungkap Perubahan Iklim Terjadi Gegara Gaya Hidup Para Miliarder, Segini Emisi Karbon Mereka! Kredit Foto: Instagram Bill Gates

Dalam menangani perubahan iklim, masih banyak PR yang harus dilakukan. Dan ternyata, meningkatnya jumlah orang kaya berbanding lurus dengan kerusakan iklim. Berbagai riset menunjukkan bahwa mereka menghasilkan emisi karbon berkali-kali lipast lebih banyak dari penduduk biasa.

Berdasarkan data PBB yang dilansir dari BBC International di Jakarta, Rabu (14/4/21) satu persen orang terkaya dunia menghasilkan emisi karbon dua kali lipat lebih banyak daripada gabungan emisi karbon yang dihasilkan 50 persen orang termiskin di dunia.

Baca Juga: Gencar Lawan Perubahan Iklim, Ternyata Hal-hal Ini Sudah Dilakukan Bill Gates!

Hal ini karena perilaku konsumsi para miliarder dunia yang hobi berlibur dengan pesawat pribadi, mengoleksi mobil mewah, memiliki kapal pesiar dan membangun hunian luas hingga bertumpuklah emisi karbon yang sangat banyak.

Dari 20 miliarder dengan kepemilikan aset mewah, rata-rata menghasilkan 8.190 ton CO2 pada 2018. Sementara pada tahun yang sama, penduduk global secara umum hanya menyumbang 5 ton CO2 per orang.

Roman Abramovich yang terkenal memiliki kapal pesiar juga berkontribusi menyumbang emisi karbon paling besar. Abramovich menghasilkan 33.859 ton CO2 yang sebagian besar disumbangkan dari kapal pesiar pribadi serta transportasi pribadi lainnya seperti pesawat, helikopter dan mobil. Hampir 3/4 total emisi tersebut disumbangkan dari kapal pesiar mininya, yaitu 25.100 ton CO2 pertahun.

Selain Roman Baramovich, analisis yang dibuat Wilk dan Barros juga terdapat nama miliarder kawakan Bill Gates, Jeff Bezos, Bernard Arnault hingga Elon Musk.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini