Perkenalkan Tan Yu Yeh, Pengusaha Malaysia yang Jadi Miliarder Dunia Berkat Jualan Perabotan

Perkenalkan Tan Yu Yeh, Pengusaha Malaysia yang Jadi Miliarder Dunia Berkat Jualan Perabotan Kredit Foto: Unsplash/Sharon Mccutcheo

Malaysia kedatangan miliarder baru yang masuk ke dalam daftar Forbes. Ialah Tan Yu Yeh, pendiri MR.DIY yang tercatat memiliki kekayaan mencapai USD1,9 miliar atau setara dengan Rp27 triliun. (kurs Rp16.631/USD)

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Rabu (14/4/21) Tan Yu Yeh mendirikan MR.DIY yang merupakan perusahaan ritel home improvement pada tahun 2005. Pada Oktober 2020 lalu, MR.DIY berhasil melantai di Bursa Malaysia, sehingga Tan Yu Yeh dan adiknya, Tan Yu Wei menjadi miliarder dunia.

Pada Juli 2005, Yeh dan Wei pertama kali mendirikan gerai MR.DIY di Jalan Tuanku Abdul Rahman. Gerai itu hanya seluas 1.000 meter persegi yang menjual alat-alat rumah tangga mulai dari peralatan listrik hingga alat tulis.

Baca Juga: Terungkap Perubahan Iklim Terjadi Gegara Gaya Hidup Para Miliarder, Segini Emisi Karbon Mereka!

Sebelum memutuskan berbisnis, Yeh bekerja sebagai insinyur dan kemudian beralih profesi sebagai agen pialang saham. Hingga akhirnya, Yeh pun memutuskan untuk mendirikan toko perkakas rumah tangga.

Pada Mei 2020, Tan Yu Yeh adalah Executive Chairman MR.DIY, sementara adiknya Tan Yu Wei adalah Executive Vice President di perusahaan tersebut dengan fokus membidangi departemen logistik dan pengadaan. Keduanya memiliki 50,6% saham MR.DIY.

Pemegang saham terbesar kedua perusahaan adalah Creador Funds yang tercatat memiliki 15,2%. CEO MR.DIY sendiri adalah Ong Chu Jin yang juga Managing Director Creador.

Saat ini, gerai MR.DIY mencapai lebih dari 1.300 unit. Separuh di antaranya berada di Negeri Jiran Malaysia. Sementara sisanya berada di luar Malaysia yang tersebar di Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja dan bahkan Indonesia.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini