Bilang Banyak yang Campur Tangan Urusan Taiwan, China Anggap Latihan Militernya...

Bilang Banyak yang Campur Tangan Urusan Taiwan, China Anggap Latihan Militernya... Kredit Foto: Reuters/CNS Photo

China menggambarkan latihan militer yang mereka gelar di dekat Taiwan sebagai 'latihan bertempur'. Pernyataan itu disampaikan beberapa jam sebelum kedatangan mantan pejabat Amerika Serikat (AS) untuk menandakan komitmen Presiden Joe Biden pada Taiwan dan demokrasinya.  

Taiwan mengeluh seringnya aktivitas militer China termasuk masuknya pesawat tempur dan pesawat pengebom ke zona pertahanan udara mereka. Kapal induk China juga menggelar latihan dekat pulau yang diklaim Negeri Tirai Bambu tersebut.

Baca Juga: Ada Taiwan Juga Somaliland, China dan Somalia Sama-sama Murka, Ada Apa Sih?

Pada Senin (12/4/2021) lalu, 25 pesawat tempur China termasuk pesawat jet dan bomber berkemampuan nuklir masuk ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan. Aktivitas militer terbesar China ke Taiwan akhir-akhir ini.

Kantor Urusan Taiwan di China mengatakan, Pemerintah Taiwan dan kelompok separatis berkerja sama dengan 'pasukan asing', mencoba memprovokasi dan merusak perdamaian dan stabilitas.

"Tentara Pembebas Rakyat (PLA) menggelar latihan tempur di Selat Taiwan sebagai aksi yang diperlukan untuk mengatasi situasi keamanan saat ini di Selat Taiwan dan menjaga kedaulatan nasional," kata juru bicara kantor perwakilan China, Ma Xiaoguang, Rabu (14/4).

"Ini respons serius terhadap intervensi pasukan asing dan provokasi yang dilakukan pasukan kemerdekaan Taiwan," tambahnya.

Seperti kebanyakan negara lainnya AS hanya mengakui pemerintah China. Tapi Washington pendukung terkuat Taiwan di internasional dan melihat ketegangan ke arah yang mengkhawatirkan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini