Saksi Sejarah, Steven Rumangkang Ungkap Cerita Logo dan Bendera Demokrat Tercipta, Ternyata SBY...

Saksi Sejarah, Steven Rumangkang Ungkap Cerita Logo dan Bendera Demokrat Tercipta, Ternyata SBY... Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Pendiri Partai Demokrat Steven Rumangkang menegaskan, ide dan gagasan ihwal logo/lambang dan bendera Partai Demokrat memang datang dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam proses pengerjaannya kata dia, SBY dibantu Pendiri Partai Demokrat Nomor 30 Ifan Pioh, dan Vence Rumangkang, yang juga pendiri Partai Demokrat.

Baca Juga: KLB Moeldoko Ditolak Pemerintah, Harusnya Polemik Partai Demokrat Harusnya Berakhir, Tapi...

Steven menegaskan, tahu sejarah lambang dan pembuatan bendera Partai Demokrat karena dirinya dan mendiang ayah (Vence Rumangkang) terlibat langsung dalam pembuatan desain tersebut.

"Saya membuat serta menyempurnakan semua arahan dari Bapak SBY dalam bentuk teknis visual, sehingga terbentuk 'bintang segi tiga merah putih' dengan latar belakang warna dasar biru dan biru muda serta tulisan Partai Demokrat di bawahnya, seperti yang digunakan saat ini,” ungkap Mantan suami artis Angel Karamoy ini menjelaskan dalam keterangan persnya, Rabu (14/4/2021).

Steven mengaku, turun tangan langsung dalam kerja desain grafis, dan sering berdiskusi dengan Vence Rumangkang untuk menterjemahkan ide dari SBY.

“Beliau meminta agar logo partai dibuat seperti 'bintang tiga’, pucuk atasnya menyimbolkan Nasionalis-Religius, kaki pertama mewakili Humanisme dan kaki kedua mewakili Pluralisme,” paparnya.

Agar tercipta logo Partai Demokrat yang genuine dan tidak menyerupai logo tertentu yang sudah ada, Steven memutuskan menggunakan Adobe Illustrator & Photoshop dan memakai font Times New Roman yang tersedia pada semua komputer.

Tujuannya untuk memudahkan bagi pengurus daerah saat mencetak logo tersebut.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini