Apa Itu Bitcoin? Gimana Cara Beli Bitcoin?

Apa Itu Bitcoin? Gimana Cara Beli Bitcoin? Kredit Foto: Unsplash/André François McKenzie

Harga Bitcoin terus meroket ke level Rp917 juta pada Kamis (15/4/2021) pukul 05.39 WIB. Bitcoin pun jadi tren di Google Indonesia.

Meski begitu, berdasarkan data yang Warta Ekonomi lansir dari Coindesk pagi ini, harga Bitcoin turun 0,47% daripada 24 jam sebelumnya. Akan tetapi, Bitcoin masih menarik bagi para investor.

Nah, sebetulnya apa itu Bitcoin? Bagaimana cara kerjanya? Lalu, bagaimana cara membeli Bitcoin? Mengutip beberapa sumber, berikut ini informasi tentang Bitcoin!

Baca Juga: Habis Minta Saran ke Publik Soal Uang Digital, Bank Sentral Ini Rilis Hasil Konsultasi

Baca Juga: Transaksi Bitcoin Global Melonjak, Bagaimana dengan Indonesia?

Apa Itu Bitcoin?

Berdasarkan laporan CNN Internasional, Bitcoin adalah mata uang baru buatan anonim dengan nama alias Satoshi Nakamoto pada 2009. Mata uang itu tak terafiliasi dengan negara-negara di dunia. Sebab, transaksinya berjalan tanpa perantara seperti perbankan.

Akan tetapi, Bitcoin merupakan aset digital sehingga tak berbentuk fisik. Di sejumlah negara, Bitcoin berfungsi sebagai alat pembayaran.

Sayangnya, belum banyak negara yang membolehkan pembayaran menggunakan Bitcoin. Karena itu, di beberapa negara, Bitcoin baru berfungsi sebagai komoditas trading, seperti yang Indonesia lakukan.

Bitcoin sendiri adalah file komputer pada aplikasi dompet digital di HP atau komputer. Jika regulator mengizinkan, Anda dapat mentransfer dan menerima Bitcoin melalui dompet digital khusus itu. Nah, tiap transaksi itu akan tercatat di blockchain.

Cara Beli Bitcoin

Bagaimana sih cara membeli Bitcoin? Cek poin-poin berikut ini!

1. Membeli Bitcoin dengan mata uang tertentu;

2. Menjual barang dan mengizinkan pembeli menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran;

3. Membuat Bitcoin dengan komputer.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini