Sekali Panen Ikan Raup Cuan Belasan Juta, Mau Coba Jadi Petani Milenial?

Sekali Panen Ikan Raup Cuan Belasan Juta, Mau Coba Jadi Petani Milenial? Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Budidaya ikan masih terbilang primadona di saat pandemi Covid-19. Bahkan, dalam sekali panen para petani ikan Nila bisa meraih omset hingga Rp17,69 juta.

Melihat kondisi tersebut, Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Provinsi Jawa Barat menyiapkan Pembudidaya Ikan Milenial (PIM). Setiap petani milenial yang dibina diarahkan untuk membudidayakan ikan lele, nila, dan udang.

Diskanla Jawa Barat telah menyeleksi 82 PIM yang sesuai dengan persyaratan yakni berusia 19-39, lulusan SMK perikanan atau mengenal inovasi teknologi bidang perikanan, serta memiliki pengalaman sebagai pembudidaya ikan atau generasi keturunan pembudidaya ikan.  Baca Juga: Menteri KKP Trenggono Lepas Ekspor Produk Perikanan ke-40 Negara Senilai Rp1 Triliun

Hanya 44 PIM yang sudah memiliki lahan sendiri, sedangkan 38 lainnya tidak memiliki lahan (petani intensif) sehingga akan ditempatkan di sejumlah aset Diskanla Jawa Barat.

"Komoditas yang akan dibudidayakan yaitu ikan lele, nila, dan udang,"kata Kepala Diskanla Hermansyah kepada wartawan di Bandung, Rabu (14/4/2021).

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini