Jack Ma dan Alibaba Didenda, Jadi Akhir Masa Kejayaan Raksasa Teknologi China

Jack Ma dan Alibaba Didenda, Jadi Akhir Masa Kejayaan Raksasa Teknologi China Kredit Foto: TechCrunch

Tekanan yang diberikan Beijing terhadap kerajaan internet Jack Ma dalam beberapa hari terakhir tidak akan lagi terlihat sama di kemudian hari. Namun, satu hal yang pasti; hari-hari kejayaan bagi raksasa teknologi China sudah berakhir.

Dilansir dari Yahoo Finance di Jakarta, Kamis (15/4/21) pemerintah China telah menanamkan otoritasnya secara tak terhapuskan pada industri teknologi dalam rentang beberapa hari. Seperti memberikan denda USD2,8 miliar pada Alibaba karena menyalahgunakan dominasi pasarnya, kemudian langsung memerintahkan perombakan Ant Group Co.

Pada hari Selasa, regulator negara juga memanggil 34 perusahaan terbesar di negara itu dari Tencent Holdings Ltd., hingga TikTok pemilik ByteDance Ltd., mereka diperingati akan adanya garis merah hukum yang tidak dapat disentuh.

Baca Juga: Jack Ma Ngalah, Ant Group Bakal Restrukturasi Jadi Perusahaan Induk dengan Segmen Keuangan

Pesan tak tersirat dari otoritas Beijing kepada Ma dan pengikutnya adalah dekade ekspansi tanpa peraturan ketat hingga menciptakan penantang bagi Facebook dan Google sudah berakhir. Lewatlah sudah hari-hari ketika raksasa seperti Alibaba, Ant atau Tencent dapat menggulung pemain lama dalam bisnis yang berdekatan dengan kekuatan finansial.

"Antara aturan Ant dan denda USD2,8 miliar untuk Alibaba, hari-hari emas telah berakhir bagi perusahaan teknologi besar China,” kata Mark Tanner, pendiri China Skinny yang berbasis di Shanghai.

"Bahkan mereka yang belum ditargetkan ke tingkat ekstrim yang sama akan menurunkan strategi ekspansi mereka dan mengadaptasi banyak elemen bisnis mereka ke lingkungan baru yang terkekang."

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini