Apa Itu Paylater?

Apa Itu Paylater? Kredit Foto: Ist

Paylater adalah fasilitas keuangan yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit. Paylater biasanya menjadi salah satu fasilitas perusahaan fintech. Fitur ini mulai banyak dimiliki e-commerce hingga marketplace-marketplace lainnya dalam memudahkan berbelanja.

Saat menggunakan layanan paylater, kamu dapat membeli produk dan menunda pembayaran. Biasanya, proses pelunasan adalah selama beberapa minggu. Bisa juga beberapa bulan tergantung jenis dan nominal pembelian.

Baca Juga: Apa Itu Kolusi?

Paylater bisa menjadi opsi yang berguna jika kamu tidak memiliki kartu kredit atau tidak ingin menaruh saldo besar pada kartu debit yang dimiliki. Namun, harus dipahami bahwa paylater adalah bentuk utang, jadi penting untuk bersikap realistis tentang kemampuan untuk melunasinya.

Layanan paylater membuat konsumen bisa bertransaksi sekarang dan membayaranya di kemudian hari. PayLater juga menyediakan fasilitas cicilan atau langsung bayar lunas.

Paylater dapat membantu dalam beberapa situasi, yaitu jika menginginkan produk dengan permintaan tinggi saat ini sebelum terjual habis dan jika ingin membeli hadiah liburan dengan harga yang bagus. Namun jangan biarkan kesan pembayaran yang rendah membuatmu belanja lebih dari yang kamu mampu.

Hal ini karena pengguna dapat menghadapi biaya keterlambatan jika tidak melakukan pembayaran tepat waktu sesuai kesepakatan. Beberapa platform akan secara otomatis menagih kartu debit atau kredit saat pembayaran jatuh tempo, dan jika menggunakan kartu kredit, kamu dapat dikenakan biaya bunga.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini