Ini Dia Orang yang Jadi Kaya Berkat Debut Saham Coinbase

Ini Dia Orang yang Jadi Kaya Berkat Debut Saham Coinbase Kredit Foto: Unsplash/Viktor Forgacs

Platform pertukaran kripto, Coinbase baru saja melantai di bursa pada Rabu (14/4/2021) waktu setempat. Nah, siapa saja sosok yang ikut untung berkat IPO Coinbase?

Melansir CNBC Internasional, pada 2013, pemodal ventura, Fred Wilson mantap menjadi investor di bidang teknologi konsumen; setelah investasinya di Twitter, Zynga, Etsy, dan Tumblr.

Kini, Wilson mulai melirik Bitcoin. "Selama beberapa tahun, kami telah memikirkan dan ingin melakukan investasi di ekosistem Bitcoin. Kami senang dapat membicarakan investasi pertama kami di sektor tersebut," jelas Wilson melalui situs perusahaannya, Union Square Ventures.

Baca Juga: Harga Bitcoin Sempat Tembus Rp940 Juta, Apa Sebabnya?

Baca Juga: Apa Itu Bitcoin? Gimana Cara Beli Bitcoin?

Kesepakatan yang ia maksud adalah putaran pendanaan Seri A Coinbase; harganya 5 juta dolar AS dengan harga 20 sen/saham dan valuasi sekitar 20 juta dolar AS.

Baru-baru ini, Coinbase lulus dari program inkubator Y Combinator dan menghimpun dana awal hingga sekarang. Dengan debut di Bursa Nasdaq, taruhan 200 juta dolar AS Union Square terhadap Coinbase kini bernilai sekitar 4,6 miliar dolar AS. Wilson berkata, "Coinbase adalah tempat saya membeli Bitcoin dan menyimpannya."

Berdasarkan jumlah saham terdelusi, Coinbase dibuka pada 381 dolar AS/saham, memberikan kapitalisasi pasar 100 miliar dolar AS. Pada penutupan, saham turun menjadi 328,28 dolar AS dengan valuasi 85,8 miliar dolar AS.

Angka itu meningkat 10 kali lipat daripada penggalangan dana pribadi Coinbase pada 2018 dan 4 ribu kali lipat lebih besar dari putaran investasi yang Union Square pimpin 8 tahun lalu.

Yang Ikut Kaya Raya Berkat IPO Coinbase

Meski Union Square memimpin putaran pendanaan awal Coinbase, perusahaan itu bukan investor terbesar. Andreessen Horowitz lah yang memegang gelar itu. Ia memiliki saham di Coinbase senilai 9,7 miliar dolar AS. Ia menyalurkan investasi secara bertahap sejak 2012. Bahkan, ia membeli sejumlah saham dari Union Square.

Menurut prospektus Coinbase, Andreessen Horowitz membeli saham senilai 57,1 juta dolar AS pada Oktober 2019, dari Union Square dengan harga 23 dolar AS.

Sekitar setahun kemudian, Union Square menjual 30 juta dolar AS saham Coinbase ke Andreessen dengan harga 28,83 dolar AS/saham. Secara total Union Square mendivestasikan sekitar 28% sahamnya dalam 5 transaksi terpisah, dan 3,52 juta saham yang dijual ke Andreessen sekarang bernilai gabungan 1,2 miliar dolar AS.

Dengan kata lain, Union Square dan Andreessen sama-sama untung berkat debut saham IPO Coinbase.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini