Ketika Jokowi Berikan Petuah ke Gibran dan Bobby Cs Soal Jabatan: Saya Ingatkan...

Ketika Jokowi Berikan Petuah ke Gibran dan Bobby Cs Soal Jabatan: Saya Ingatkan... Kredit Foto: Instagram Jokowi

Presiden Jokowi memberikan petuah kepada para kepala daerah baru hasil Pilkada 2020 untuk benar-benar menjalankan amanah dari rakyat. Petuah ini disampaikan Jokowi dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021, Rabu (14/4), yang digelar secara virtual. 

Rapat tersebut dihadiri 114 kepala daerah petahana dan 255 kepala daerah baru. Petuah Jokowi ini juga berlaku untuk anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raya, yang terpilih di Pilkada Kota Solo 2020, dan menantunya, Bobby Nasution, yang terpilih dalam Pilkada Kota Medan 2020.

Baca Juga: Isu Reshuffle Mencuat, Eks Jubir Gus Dur Kasih Bisikan ke Jokowi

“Para kepala daerah yang terpilih di Pilkada Serentak 2020, saya ingatkan: jabatan itu adalah kehormatan dan tanggung jawab besar,” tulis Jokowi, di akun Twitter @jokowi, Kamis (15/4).

Kepala Negara mengingatkan, para kepala daerah baru ini jangan cuma bekerja dengan mengikuti rutinitas belaka. Tapi, mereka harus berorientasi pada hasil. “Jangan puas dari membaca laporan saja, tapi harus ke lapangan,” pesannya.

Jokowi juga memberikan petuah soal penggunaan anggaran. Kata Jokowi, para kepala daerah cukup membuat beberapa kegiatan besar dengan anggaran yang terkonsentrasi ke kegiatan tersebut, daripada membagi-baginya ke banyak kegiatan kecil. “Dengan demikian, hasilnya akan bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Di masa pandemi ini, Jokowi meminta para kepala daerah untuk memanfaatkan APBD dalam membantu masyarakat di lapisan bawah yang terdampak pandemi. “Salah satu caranya ialah dengan memperbanyak program-program padat karya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan di daerah,” tutupnya. 

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini