Hubungan Turki dan Mesir Bakal Rujuk Lagi, Iniloh Penyebabnya...

Hubungan Turki dan Mesir Bakal Rujuk Lagi, Iniloh Penyebabnya... Kredit Foto: Reuters/Bernadett Szabo

Menteri Luar Negeri Turki memuji dimulainya era baru dengan Mesir menyusul keputusan Ankara untuk mendorong normalisasi hubungan dengan Kairo.

Para pejabat Turki mengatakan bulan lalu Ankara telah menjalin kontak diplomatik pertama dengan Kairo sejak 2013 sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk memperbaiki hubungan dengan saingan-saingan Timur Tengah lainnya.

Baca Juga: Disalahgunakan, Kanada Embargo Senjatanya yang Dikirim ke Turki

"Sebuah era baru sedang dimulai," kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu seperti dikutip oleh penyiar NTV.

Dia mengatakan akan ada pertemuan antara wakil menteri luar negeri dan diplomat kedua negara, tetapi tanggalnya belum ditetapkan.

Cavusoglu mengatakan kepada sejumlah wartawan di Turki bahwa pengangkatan duta besar akan menjadi agenda selama pembicaraan itu.

Saat ditanya, menteri itu juga mengindikasikan akan ada pertemuan antara ia dan mitranya dari Mesir.

"Mengapa tidak. Bisa juga ada kunjungan dan pertemuan timbal balik," ujarnya.

Seperti diketahui, Turki dan Mesir memutuskan hubungan setelah penggulingan Presiden yang terpilih secara demokratis, Mohamed Morsi pada 2013. Morsi merupakan tokoh yang didukung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Pada tahun itu Turki dan Mesir saling mengusir duta besar dan membekukan hubungan mereka.

Bulan lalu, media oposisi Mesir yang berbasis di Istanbul mengatakan para pejabat Turki telah meminta mereka untuk meredam kritik terhadap Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini