BRI Ventures Umumkan secara Resmi Investasi Strategisnya kepada Bukalapak

BRI Ventures Umumkan secara Resmi Investasi Strategisnya kepada Bukalapak Kredit Foto: BRI Ventures

Perusahaan modal ventura BRI Ventures pada hari ini secara resmi mengumumkan telah melakukan investasi strategis dalam mendukung 13,5 juta UMKM di Indonesia yang berada dalam ekosistem Bukalapak. Hal ini merupakan bagian dari komitmen BRI Ventures untuk terus mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan menciptakan pemberdayaan UMKM yang berkelanjutan, dan sebagai bagian dari kegiatan pendanaan strategis yang dilakukan unicorn asal Indonesia, Bukalapak, yang telah diumumkan di akhir tahun lalu.

UMKM di Indonesia memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian nasional, di mana berdasarkan data Kemenkop UKM dan BPS, tercatat bahwa UMKM merupakan sektor yang menyumbang 60,34% PDB nasional dan menyerap 58,18% dari total investasi di Indonesia.

Baca Juga: Begini Cara BRI Ajak Pekerjanya Peduli Terhadap Isu Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola

Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures, mengatakan, "Investasi strategis bersama Bukalapak ini sangat penting untuk dilakukan karena hal ini sejalan dengan misi BRI Group dalam mendukung UMKM. Khususnya dalam pertumbuhan UMKM digital saat ini yang kami yakini akan menjadi pembangkit ekonomi nasional pada masa mendatang. Hal ini juga merupakan komitmen BRI Ventures untuk terus mendukung kemajuan ekosistem startup digital di Indonesia."

Dia melanjutkan, dengan bersatunya dua perusahaan dengan misi yang sejalan, diharapkan akan dapat membantu mengakselerasi penetrasi digital di Indonesia, serta dapat terus membantu menciptakan akses pasar dan dukungan bisnis yang merata yang dapat diakses oleh siapa saja di mana pun mereka berada.

"Hal ini juga merupakan fokus kami untuk menjadikan ketahanan bisnis UMKM makin kuat dan mampu memiliki bisnis yang berkelanjutan," kata Nicko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Dalam pandemi Covid-19 yang melanda dunia, data Bank Indonesia mencatat terdapat 87,5% UMKM yang terdampak pandemi. Namun, bagi 27,6% UMKM yang menjalankan usahanya secara online justru mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya bagi UMKM untuk dapat beradaptasi dengan dunia digital untuk dapat terus berkembang.

Bukalapak melalui platform online dan offline-nya, Mitra Bukalapak, telah menjangkau lebih dari 13.5 juta UMKM dan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh Indonesia untuk memanfaatkan teknologi dalam menyejahterakan hidup. Selain itu, Bukalapak juga telah meluncurkan lini bisnis B2B e-procurement melalui BukaPengadaan Indonesia (BPI) di 2019 serta Buka Investasi Bersama (BIB), sebuah APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana) berbasis digital. Tentunya produk-produk ini akan makin meningkatkan kualitas layanan Bukalapak.

BRI Ventures sebagai corporate venture capital di dalam BRI Group terus melakukan inovasi dalam mendukung pertumbuhan ekosistem startup dan digital di Indonesia. Peran BRI Ventures sendiri adalah mendukung percepatan inovasi dengan melakukan investasi strategis di perusahaan yang memiliki pertumbuhan yang cepat, memiliki pasar yang luas, serta dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini