Dear Zuckerberg, Please Setop Eksploitasi Anak-Anak! Batalkan Platform ....

Dear Zuckerberg, Please Setop Eksploitasi Anak-Anak! Batalkan Platform .... Kredit Foto: Reuters/Charles Platiau

Kelompok advokasi meminta Bos Facebook, Mark Zuckerberg berhenti mengembangkan Instagram khusus untuk anak-anak berusia di bawah 13 tahun. Mengapa?

Melansir Reuters, Kamis (15/4/2021), menurut kelompok itu, langkah Facebook untuk membuat Instagram khusus anak akan menempatkan mereka pada risiko besar.

Surat kepada Zuckerberg itu berasal dari Campaign for a Commercial-Free Childhood (CCFC). "Meski itu menguntungkan bagi Facebook, hal itu berisiko meingkatkan penggunaan Instagram oleh anak-anak-anak yang sangat rentan terhadap fitur manipulatif dan eksploitatif platform," begitulah bunyi surat itu.

Baca Juga: Alamak! Bitcoin Senilai Rp9 T Dijual Ilegal oleh ....

Baca Juga: Harga Bitcoin Sempat Tembus Rp940 Juta, Apa Sebabnya?

Instagram mengeksploitasi ketakutan para anak muda akan ketinggalan informasi karena itu memaksa mereka mengecek perangkat secara rutin, kata CCFC.

Lembaga itu juga mengatakan, "Fokus berkelanjutan Facebook pada penampilan dan presentasi diri akan jadi tantangan bagi privasi dan kesejahteraan remaja."

Facebook tak segera menanggapi permintaan komentar.

CCFC sendiri merupakan organisasi nirlaba yang percaya, pemasaran bertarget anak akan merusak perkembangan kesehatan anak-anak.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini