Nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Makin Wangi, OTW Calon Presiden 2024 Nih...

Nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Makin Wangi, OTW Calon Presiden 2024 Nih... Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Nama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto makin wangi. Setelah didaulat menjadi tokoh parpol dengan elektabilitas tertinggi untuk Pilpres 2024, kini nama Airlangga masuk dalam lima besar sentimen positif pemberitaan media, berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan oleh Perusahaan Intelijen Media Indonesia Indicator.

Melalui riset yang menganalisis sebanyak 4.655.176 data berita dari 5.963 media online berbahasa Indonesia, baik media nasional maupun lokal, Airlangga berada pada urutan keempat menteri dengan ekspose pemberitaan positif tertinggi: 8.808 berita.

Baca Juga: Isu Reshuffle Hot! Airlangga Sebut KSP Moeldoko Belum Ada Prestasi, Malah Terlibat Manuver Politik

Survei tersebut menggunakan peranti lunak kecerdasan buatan (AI) yang diambil dalam periode 24 Desember 2020 hingga 12 April 2021. Atau sejak momentum reshuffle Kabinet Indonesia Maju pertama pada 23 Desember 2020.

"Airlangga Hartarto banyak mendapat sentimen positif dalam pemberitaan, dikaitkan dengan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan optimalisasi investasi untuk 2021," kata Kepala Divisi Riset Indonesia Indicator Fanny Chaniago dalam keterangannya, Kamis (15/4).

Ini tentu saja bisa dimaklumi, mengingat nama Airlangga kerap muncul di media sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan PEN. Selain itu, ia juga turut andil dalam mendorong percepatan program vaksinasi nasional.

"Di luar itu, nama Airlangga juga meramaikan isu politik, misalnya survei elektabilitas, kiprahnya di Golkar, dan wacana calon presiden 2024," imbuh Fanny.

Riset dilakukan dengan menggunakan kata kunci nama menteri dan sistem kecerdasan buatan, yang mengidentifikasi pemberitaan mengenai figur menteri.

Riseti ini juga mengenali pemberitaan yang memiliki konten-konten positif pemberitaan tentang kinerja menteri dan pelaksanaan program kerja serta terobosan yang dibuat di kementerian tersebut. Termasuk, bagaimana media mencitrakan atau mempersepsikan figur. 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini