Masih Pandemi Covid-19, di Bulan Ramadan dan Idul FitriBI Sumut Utamakan Transaksi Non Tunai

Masih Pandemi Covid-19, di Bulan Ramadan dan Idul FitriBI Sumut Utamakan Transaksi Non Tunai Kredit Foto: Khairunnisak Lubis

Sinergitas Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara dan Perbankan dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri, maka untuk tahun ini pihaknya masih mengutamakan transaksi nontunai, sebagai upaya meminimalisir penyebaran Covid-19.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo mengatakan guna mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan program elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, diperlukan suatu forum koordinasi yang dapat mengatasi berbagai tantangan yang muncul.

Baca Juga: Gebrakan Terbaru Dari Maybank Indonesia Lewat Program My Happy & Lucky Bank

"Untuk itu dibentuklah P2DD di tingkat pusat melalui penerbitan Keppres No. 3 Tahun 2021. Sementara untuk di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota diharapkan juga segera dibentuk TP2DD agar dapat mengakselerasi implementasi ETP secara keseluruhan," ujarnya, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga: Bank Indonesia Pede Ekonomi Indonesia Tumbuh Hingga 5,3 Persen, Karena ....

Mengenai perkembangan sistem pembayaran dengan menggunakan QRIS. Di mana, digitalisasi sistem pembayaran mendukung pesatnya transaksi ekonomi dan keuangan digital. Perkembangan digitalisasi sistem pembayaran ini tercermin dari semakin luasnya merchant pengguna QRIS.

"Tercatat sampai dengan 26 Maret 2021 sudah terdapat 6,62 juta merchant QRIS. Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperluas implementasi QRIS dengan melibatkan semua stakeholders internal maupun eksternal, dan industri PJSP,“ katanya.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini